Tangkap Dalang Kerusuhan Di DPRD Sumut

Standard

Medan, 3/2

Ketua Fraksi Partai Bintang Reformasi (PBR) DPRD Sumatera Utara, H Raden Muhammad Syafi’i mendesak kepolisian mengusut tuntas aksi unjuk rasa anarkis yang mengakibatkan meninggalnya Ketua DPRD Sumut, H Abdul Aziz Angkat.

“Usut tuntas aksi unjuk rasa anarkis itu dan tangkap dalangnya,” katanya di Medan, Selasa, usai mendapat kabar meninggalnya Ketua DPRD Sumut itu.

Aziz Angkat meninggal dunia dalam sebuah aksi unjuk rasa yang digelar para pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) di gedung DPRD Sumut, di Medan.

Ia sempat dilarikan ke rumah Sakit Gleni Internasional Medan dengan menggunakan truk pemburu preman milik Poltabes Medan, namun nyawanya tidak tertolong.

Peristiwa bermula ketika seribuan massa pendukung Protap mendatangi gedung DPRD Sumut sekira pukul 10.00 WIB. Setelah beberapa saat berorasi di luar gedung, mereka kemudian merangsek ke ruangan rapat paripurna.

Saat itu tengah berlangsung rapat paripurna dengan agenda pembahasan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah yang dipimpin langsung oleh Aziz Angkat.

Sekitar pukul 10.33 WIB, Aziz yang baru saja membuka rapat paripurna langsung menskor rapat ketika massa berhasil menerobos masuk. Para pimpinan dewan termasuk Aziz Angkat dan Sekdaprov Sumut, RE Nainggolan terpaksa diungsikan ke ruang pimpinan yang persis berada di belakang ruangan paripurna.

Massa yang beringas membawa sebuah peti mati ke dalam ruangan rapat paripurna, sementara pagar gedung dewan terlihat mereka gembok dengan beberapa gembok.

Ia terkapar setelah sempat ditarik-tarik dan dipukuli massa. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Raden Muhammad Syafii meminta aparat kepolisian segera mengusut tuntas aksi unjuk rasa anarkis tersebut. “Usut dan tangkap dalangnya,” kata Wakil Ketua Umum DPP PBR itu.

(sumber ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s