Sedikitnya 12 Orang Tewas Dalam Serangan di Restoran Irak

Standard

Lihat versi English

Baquba, 6/2 – Sedikitnya 12 orang tewas dalam serangan bunuh diri di sebuah restoran di Provinsi Diyala di timur-laut Bangdad, Irak, Kamis, beberapa pejabat setempat mengatakan.

Serangan itu melanda Khanaqin, sebuah kota yang sebagian besar warganya orang Kurdi, di dekat perbatasan Iran.

“Dua-belas orang tewas dan sekitar 11 orang terluka dalam serangan bunuh diri terhadap restoran itu,” seorang pejabat yang berkantor di sebuah markas besar pasukan keamanan di provinsi Diyala mengatakan, dan memperbarui keterangan mengenai jumlah korban yang dikatakan polisi sebelumnya.

Yahya Ibrahim, insinyur berusia 35 tahun, termasuk di antara yang terluka.

“Saya berada di belakang restoran itu ketika tiba-tiba ledakan tersebut terjadi di pintu masuk,” katanya.

“Semuanya di dekatnya hancur,” ia mengatakan, dan menyatakan bahwa sebagian besar korban adalah pemilik toko di sebuah pasar setempat.

Walikota di kota itu, Mohammed Othman, mengatakan bahwa semua 12 orang yang tewas karena pengeboman siang hari itu adalah pria.

Khanaqin memiliki cadangan minyak cukup besar dan ambisi Kurdi yang telah lama untuk menggabungkan kota itu ke dalam wilayah otonomi mereka di Irak utara telah memicu ketegangan etnik dengan masyarakat Arab di provinsi itu.

Jalan dari Khanaqin ke ibukota dianggap sebagai salah satu jalan paling berbahaya di Irak. Meskipun ada sejumlah pos pemeriksaan tetap yang diawaki oleh militer dan polisi, jalan itu sering menjadi sasaran serangan yang diduga dilakukan anggota al Qaida.

Khanaqin sendiri tidak memiliki pasukan Irak. Bendera Irak dikibarkan oleh petempur peshmerga Kurdi berdampingan dengan bendera mereka sendiri.

Semua bangunan pemerintah mengibarkan bendera Kurdi. Bendera tiga warna Kurdi — merah, hijau dan putih, dengan sebuah bintang terbit di tengahnya — juga tampak di luar sebagian besar rumah di sepanjang jalan raya itu.
(sumber ANTARA/AFP)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s