Ilmuwan Kloning “Jerry” Yang Meninggal Akibat Kanker

Standard

Lihat versi English

Washington, 7/2 – Xiangzhong “Jerry” Yang, kelahiran China dan salah seorang ilmuwan kloning paling kenamaan di dunia, meninggal Kamis malam, setelah perjuangan panjang melawan kanker, demikian media lokal Jumat.

Ilmuwan University of Connecticut tersebut meninggal sebelum berhasil mewujudkan salah satu impiannya –kloning embrio manusia bagi sel induk yang dapat menyelamatkan jiwa.

Dr. Yang, yang dilahirkan di China dan mengenyam pendidikan di Cornell University, adalah salah seorang ahli bioteknologi hewan paling kenamaan di dunia.

Ia bergabung dengan Fakultas Bioteknologi di University of Connecticut sebagai pembantu dosen ilmu hewan dan kepala Transgenic Animal Facility di Biotechnology Center pada 1996 dan dipromosikan menjadi profesor penuh pada 2000.

Pada 2001, ia diangkat sebagai Direktur Pendiri bagian baru Center for Renegerative Biology di University of Connecticut, yang mengawasi lima jalur baru fakultas yang meneliti ilmu pengetahuan dasar di bidang biologi regenerasi dan obat.

Dr. Yang adalah penganjur penelitian sel induk embrio manusia. Kegiatannya pada 1999 untuk mengkloning sapi Holstein membuat universitas itu terkenal secara nasional. Amy adalah hewan pertama yang dikloning di Amerika Serikat.
(sumber ANTARA/Xinhua-OANA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s