Pasukan Pakistan Bunuh 52 Militan di Khyber

Standard

Lihat versi English

Islamabad, 7/2 – Serangan helikopter meriam dan pasukan darat Pakistan menewaskan 52 militan dalam operasi untuk menghalau gerilyawan Taliban dari kawasan bergolak Khyber, Jumat, kata sejumlah pejabat keamanan.

Operasi itu, yang dilakukan dengan mengerahkan kekuatan udara, paramiliter dan tembakan artileri, dimulai pada Jumat pagi di daerah suku baratlaut, yang merupakan rute pemasokan utama bagi pasukan AS dan NATO di seberang perbatasan di Afghanistan, kata sejumlah pejabat.

“Pasukan Korps Perbatasan membunuh 52 militan, menyerang lima tempat persembunyian dan menghancurkan sebuah gudang amunisi dan delapan kendaraan di Chapri Feroze Khel di Khyber,” kata seorang pejabat tinggi keamanan yang terlibat dalam operasi itu.

Seorang pejabat keamanan lain mengatakan, jumlah kematian mencapai “sedikitnya 52 dan bisa lebih lagi”. Kedua pejabat itu tidak bersedia disebutkan nama mereka.

Angka-angka korban tidak bisa dikonfirmasi secara independen di kawasan terpencil dan berbahaya, dimana pasukan Pakistan memerangi gerilyawan Taliban untuk mengamankan daerah Khyber bagi truk-truk yang membawa perbekalan untuk pasukan NATO di Afghanistan.


Sebagian besar dari korban dalam serangan Jumat itu tewas akibat tembakan helikopter meriam di dan sekitar tempat-tempat persembunyian militan, namun delapan atau sepuluh militan tewas ketika pasukan paramiliter di darat memukul mundur gerilyawan yang mendekat, katanya.

Seorang pejabat intelijen mengkonfirmasi operasi itu dan mengatakan bahwa sebuah gudang amunisi besar hancur dan ada “korban dalam jumlah sangat besar”.

Kawasan suku Pakistan, terutama Bajaur, dilanda kekerasan sejak ratusan Taliban dan gerilyawan Al-Qaeda melarikan diri ke wilayah itu setelah invasi pimpinan AS pada akhir 2001 menggulingkan pemerintah Taliban di Afghanistan.

Pemimpin Al-Qaeda di Pakistan dan deputinya tewas pada 1 Januari dalam serangan udara yang diduga dilakukan pesawat tak berawak AS di Waziristan Selatan, menurut sejumlah pejabat keamanan setempat.

Para pejabat yakin bahwa Usama al-Kini, yang disebut-sebut sebagai pemimpin operasi Al-Qaeda di Pakistan, mendalangi serangan bom truk terhadap Hotel Marriott di Islamabad pada September lalu, dan memiliki hubungan dengan serangan-serangan bom pada 1998 terhadap Kedutaan Besar AS di Afrika.

Pasukan Amerika menyatakan, daerah perbatasan Pakistan digunakan kelompok militan sebagai tempat untuk melakukan pelatihan, penyusunan kembali kekuatan dan peluncuran serangan terhadap pasukan koalisi di Afghanistan.

Pakistan mendapat tekanan internasional yang meningkat agar menumpas kelompok militan di wilayah baratlaut dan zona suku di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas-batas pemberontak terhadap pasukan internasional di Afghanistan.

Pakistan menempatkan sekitar 120.000 prajurit di sepanjang perbatasan itu dan menekankan bahwa tanggung jawab menghentikan penyusupan juga bergantung pada pasukan keamanan yang berada di Afghanistan.

Islamabad juga menegaskan bahwa setiap tindakan terhadap militan di dalam wilayah Pakistan akan dilakukan oleh pasukan Pakistan.

Hubungan antara AS dan Pakistan, dua sekutu utama dalam perang melawan terorisme, tegang akibat peningkatan serangan udara AS akhir-akhir ini dan serangan darat di kawasan suku tersebut.

Menurut militer Pakistan, lebih dari 1.500 militan tewas sejak mereka melancarkan ofensif di Bajaur pada awal Agustus, termasuk komandan operasional Al-Qaeda di kawasan itu, Abu Saeed Al-Masri yang berkebangsaan Mesir.

Daerah itu juga dihantam serangan rudal yang hampir mengenai Ayman al-Zawahiri, orang kedua Osama bin Laden, pada Januari 2006.

Terdapat sekitar 70.000 pengungsi Afghanistan di Bajaur, yang tinggal di sana sejak akhir 1970-an setelah mereka melarikan diri dari invasi Uni Sovyet ke Afghanistan.
(sumber ANTARA/AFP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s