Rutan Medan Siap Tampung Tahanan Kasus Protap

Standard

Medan, 9/2 – Pihak Rutan Tanjung Gusta Medan menyatakan kesiapannya menampung tahanan kasus aksi unjuk rasa anarkis pendukung Provinsi Tapanuli (Protap) yang menewaskan Ketua DPRD Sumut, Abdul Aziz Angkat.

“Dengan segala fasilitas kami siap menampung tahanan kasus Protap,” kata Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan, Amran Silalahi, BcIP, SH di Medan, Senin.

Ia juga menyatakan tidak akan memberikan keistimewaan dalam bentuk apapun kepada tahanan yang akan dikirim pihak kepolisian tersebut. Pihaknya juga tidak melakukan persiapan khusus. “Semuanya biasa saja, sama seperti menerima tahanan lain,” katanya.

Meski demikian, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi dari Polda Sumut dan Poltabes Medan mengenai rencana pengiriman tahanan tersebut ke Rutan Tanjung Gusta Medan.

“Mungkin, menurut perkiraan, kami akan dihubungi dalam waktu dekat,” kata Silalahi.


Sebelumnya, pihak kepolisian telah menetapkan 31 tersangka yang dianggap bertanggung jawab dan terlibat dalam aksi anarksi pendukung Protap di gedung DPRD Sumut.

Ke-31 tersangka itu terdiri dari berbagai unsur, mulai dari penggagas Protap, pengerah massa dan penanggungjawab unjuk rasa hingga civitas akademika yang terlibat dalam aksi tersebut.

Pada 3 Pebruari 2009, seribuan massa pendukung Protap berunjuk rasa di DPRD Sumut, dan memasuki ruang sidang utama sambil membawa sebuah peti jenazah untuk menemui wakil rakyat yang sedang melakukan rapat paripurna.

Abdul Aziz Angkat yang menskor rapat kemudian dibawa ke ruangan Fraksi Partai Golkar. Ia dicaci-maki, ditarik-tarik dan bahkan harus menerima perlakuan tidak pantas dari sejumlah pengunjuk rasa.

Diduga tidak kuat menahan serangan, Aziz Angkat yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut itu terkapar dan kemudian dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.
(sumber ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s