Iran Ingin Berunding Dengan AS Atas Dasar Saling Menghormati

Standard

Teheran, 11/2 – Iran, Rabu menegaskan kembali keinginannya untuk berunding dengan pemerintah baru AS pimpinan Presiden Barack Obama atas dasar saling menghormati dan jujur.

“Untuk mencegah satu prakeputusan, kami rasa Tuan Obama harus diberikan kesempatan ini. Kami tidak ingin Obama melepaskan kesempatan ini,” kata jurubicara Kementerian Luar Negeri Hassan Ghashghavi kepada wartawan.

Akan tetapi Ghasghavi menegaskan bahwa setiap dialog harus didasarkan pada kondisi “saling menghormati dan jujur.”

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Selasa mengatakan bahwa Teheran siap berunding dengan Washington jika ada saling menghormati dan persamaan hak antara dua negara yang bermusuhan itu, yang tidak memiliki hubungan diplomatik hampir tiga dasawarsa itu.

Ahmadinejad mengeluarkan pernyataannya dalam pidato yang memperingati ulangtahun ke30 revolusi Islam,sehari setelah Obama mengatakan pemerintah AS siap berunding “tatap muka” dengan Iran pada bulan-bulan mendatang.

Hubungan antara Iran dan AS tegang menyangkut program nuklir Iran yang kontroversial yang Barat duga adalah menyembunyikan satu program senjata nuklir rahasia. Teheran membantah tuduhan itu.

(sumber ANTARA/AFP)

Advertisements

2 responses »

  1. Terimakasih informasinya.
    Menurut saya, Iran tidak perlu berunding dengan Amerika Serikat, karena pemerintah Amerika Serikat tidak dapat dipercaya (lihat pengalaman Palestina, Afghanistan, dan Iraq). Bangun terus kekuatan dalam negeri Iran, dan tetap “on line” dengan Allah SWT, maka insyaAllah sukses di dunia dan akherat.
    Untuk berbagi informasi silahkan mampir ke “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com

    • sebenarnya upaya perundingan tidak ada salahnya untuk dicoba asalkan dalam perundingan tersebut pihak Islam tidak mudah jatuh dalam jebakan kafir dan tetap konsisten membela kepentingan Islam.
      Bagaimana setuju?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s