India Negara Tujuan Ekspor Terbesar Sumut

Standard

Medan, 16/2 – India pada tahun 2008, tercatat sebagai negara tujuan ekspor terbesar Sumut dengan nilai devisa 1,540 miliar dolar AS dari total ekspor daerah itu pada tahun yang sama sebesar 9,273 miliar dolar AS.

“Adapun penyumbang terbesar devisa dari India itu adalah ekspor lemak dan minyak nabati/hewan,” kata Kepala Badan Pusat Statistik Sumut, Alimuddin Sidabalok, di Medan, Senin.

Dia tidak merinci berapa nilai devisa ekspor lemak, minyak nabati/hewan Sumut ke India, tapi disebutkan nilainya mendominasi dari total nilai ekspor atas komodiiti daerah itu yang tahun lalu mencapai 4,547 miliar dolar AS atau naik 47,03 persen dibandingkan periode sama tahun 2007.

“Sumut juga mengeskpor berbagai produk lainnya ke India, seperti rempah-rempah,” katanya.

Diperkirakan, pada tahun ini, India juga masih merupakan negara tujuan ekspor terbesar Sumut mengingat negara itu masih tetap membutuhkan lemak dan minyak nabati/hewan khususnya jenis minyak sawit mentah maupun minyak goreng.

Dia menjelaskan, setelah India, nilai terbesar perolehan devisa Sumut adalahan dari jepang dan China masing-masing 1,053 miliar dolar AS dan Jepang 718,97 juta dolar AS.

Eksekutif PT Asian Agri, Laksamana Adiyaksa, mengakui, India memang masih menjadi pasar potensial khususnya untuk produk dari minyak sawit.

Tapi melihat tren permintaan dan harga yang menurun, nilai devisa ekspor lemak, minyak hewan dan nabati dari India itu diperkirakan tidak sebesar tahun lalu, katanya.

(sumber ANTARA) Kirim Pesan YM

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s