“UNTUK PALESTINA YANG TERLUKA”

Standard

MILAD FORUM LINGKAR PENA (FLP) KE-12 “UNTUK PALESTINA YANG TERLUKA”
MILAD FORUM LINGKAR PENA (FLP) KE-12

“UNTUK PALESTINA YANG TERLUKA”

Ahad, 22 Pebruari 2009

MP BOOK POINT, Jl. Puri Mutiara No. 72, Jakarta Selatan

Apakah Forum Lingkar Pena itu? Sebuah ‘Pabrik Penulis Cerita’ (Koran Tempo)

Forum Lingkar Pena sangat fenomenal. FLP adalah hadiah Tuhan untuk Indonesia (Taufiq Ismail)

Dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya, jumlah penulis di Indonesia-sebagaiman a jumlah pertumbuhan penduduknya-sangat besar. Pada dekade terakhir Indonesia diramaikan oleh munculnya penulis muda berusia di bawah 30 tahun serta maraknya pertumbuhan kantong-kantong sastra di Jakarta dan di banyak kota besar lainnya.

Salah satu yang dianggap fenomenal adalah munculnya Forum Lingkar Pena (FLP), tahun 1997. Dalam waktu yang relatif singkat, organisasi yang memiliki cabang di hampir 30 propinsi dan di mancanegara ini telah beranggotakan lebih dari 5000 orang, hampir 70% anggotanya adalah perempuan. Dari jumlah ini, lebih dari 500 diantaranya menulis secara aktif di berbagai media, yang berusaha membina lebih dari 4500 anggota FLP lainnya untuk menjadi penulis pula.

Selama dua belas tahun keberadaannya, organisasi penulis ini telah menerbitkan lebih dari 500 buku yang sebagian besar terdiri dari karya sastra serius, fiksi remaja dan cerita anak. Tidak ada orang atau lembaga yang mensponsori FLP. Kemandirian ini memungkinkan FLP menulis sesuai kata hati. Koran Tempo, salah satu media paling berwibawa di Indonesia, menyebut FLP sebagai sebuah ‘Pabrik Penulis Cerita’!

Milad FLP yang ke-12 kali ini diperingati bukan dengan pemotongan kue ulang tahun, tumpengan, atau pun kemeriahan sebuah pesta. Melainkan dengan kepedulian bagi Palestina yang terluka, terlebih setelah agresi militer Israel ke Jalur Gaza selama 22 hari sejak Desember 2008 lalu yang telah menghancurkan dan merusak hampir seluruh infrastruktur di kota yang dihuni oleh bangsa Palestina. Bukan hanya itu, darah para pejuang dan rakyat Palestina menggenang di jalan-jalan dan gang-gang kota yang semula dipenuhi oleh denyut nadi kehidupan. Teror dan bau kematian mengapung di udara, menyisakan bukan hanya lebih dari seribu rakyat Palestina yang meninggal dan ratusan ribu yang terluka, melainkan juga bencana dan luka yang mendalam bagi rakyat Palestina yang masih bertahan hidup.

Dunia menangis. Seluruh umat manusia di muka bumi ini yang masih memiliki hati nurani terhadap sesama melakukan apa saja yang bisa mereka lakukan untuk membantu Palestina, terlebih politik kolektif yang dilakukan oleh PBB dan para pemimpin negara-negara di dunia gagal menghentikan agresi brutal Israel. Berbagai doa dipanjatkan, demonstrasi, orasi, serta donasi dan bantuan kemanusiaan melalui berbagai lembaga kemanusiaan terus berdatangan dari segala penjuru.

Demikian pun halnya manusia berjiwa sastra dan seni. Para seniman pencipta lagu menciptakan lagu khusus untuk Palestina untuk menggalang dana seperti Michael Heart dengan lagu “We Will Not Go Down” dan Yusuf Islam dengan lagunya “The Day The World Get”. Para jurnalis dan penulis mengungkapkan kepedihan dan kepedulian mereka terhadap apa yang terjadi terhadap Palestina dengan tulisan-tulisan mereka melalui berbagai esai, opini, reportase, puisi, cerpen, dan lainnya.

Forum Lingkar Pena, sebagai komunitas penulis terbesar yang anggotanya tersebar di seluruh Nusantara dan di berbagai negara, dalam rangka memperingati milad-nya yang ke-12, juga turut berduka dan menyatakan kepeduliannya bagi Palestina melalui sastra dan seni. Bahwa melalui pena yang kami genggam dan darah seni yang mengalir dalam tubuh kami, inilah yang dapat kami lakukan bagi saudara-saudara kami di Jalur Gaza. Seluruh dana yang digalang pada peringatan milad FLP yang ke-12 ini didedikasikan bagi Palestina.

MILAD FLP KE-12 “UNTUK PALESTINA YANG TERLUKA”

InsyaAllah akan diadakan pada:

Hari / tanggal : Ahad / 22 Februari 2009

Tempat : MP Book Point

Jl. Puri Mutiara No. 72

Jeruk Purut, Jakarta Selatan

Waktu dan jadwal acara:

1) PEMUTARAN FILM-FILM PALESTINA

Waktu: pukul 10.00 – 20.35 WIB

Rundown acara:

Pukul 10.00-10.30: Pendaftaran dan Pembukaan

Pukul 10.30-12.00: A Wedding in Ramallah

(Sherine Salama, 2002, Australia, 90 Menit, dokumenter)

Pukul 13.00-15.00: Promises

(Carlos Bolado, B.Z. Goldberg, Justine Shapiro, 2001, Prancis, 106 menit)

Pukul 16.00-17.35: Mur/The Wall

(Simone Bitton, 2004, Prancis, 95 menit, Dokumenter)

Pukul 19.00-20.35: Yadfon Elahiyyah/ Divine Intervention

(Elia Suleiman, 2002, Palestina, 92 menit)

Acara gratis dan terbuka untuk umum, namun akan ada kotak amal untuk sumbangan sukarela bagi rakyat Palestina. Tempat terbatas.

Dress code: hitam-hitam

2) ORASI, LELANG AMAL, DAN PENTAS SENI UNTUK PALESTINA YANG TERLUKA

Waktu: pukul 16.00 – 20.00 WIB

Rundown acara:

ORASI TENTANG PALESTINA (Irfan Hidayatullah, Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Yudistira Massardi*)

LELANG AMAL BARANG-BARANG ARTIS/PENULIS TERKENAL/TOKOH MASYARAKAT (dipandu oleh Asma Nadia dan Boim Lebon)

PENTAS SENI (Musikalisasi puisi oleh Ki Amuk-Firman Venayaksa dkk, Lagu dan nyanyian oleh Ekky Malaky, Penbacaan puisi Komunitas Puisi FLP, Monolog oleh FLP Ciputat)

Semua acara gratis dan terbuka untuk umum, namun akan ada kotak amal untuk sumbangan sukarela bagi rakyat Palestina. Tempat terbatas.

Dress code: hitam-hitam

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Lia Octavia (08128146426) , Wiwiek Sulistyowati (08128747415) , Ekky Malaky (08129557443) , Rahmadiyanti (081218088018) , Koko Nata (081367675459) , RW Dodo (081585857114) , Erawati Taufan (08129591063) , Denny Prabowo (08999910037) , Lina Marlina (08567930160)

http://forumlingkarpena.multiply.com

http://www.forumlingkarpena.net

Semoga sastra dan seni turut menjadi salah satu warna pelangi yang kembali tergurat di langit Gaza yang sebelumnya telah menghitam oleh peluru dan mesiu serta hujan tangis air mata yang menderas menyiram bumi Palestina. Sastra dan seni bagi Palestina yang terluka.

Acara ini didukung oleh:
Forum Lingkar Pena
MP Book Point
Lingkar Pena Publishing House
Zikrul Hakim
Komunitas Sekolah-kehidupan. com
Penerbit Erlangga
Ras FM
Pro 2 FM

Catatan: *) dalam konfirmasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s