Taliban Bebaskan Pejabat Pakistan yang Diculik

Standard

Mingora, Pakistan, 23/2 – Pemerintah Pakistan membebaskan dua pejuang Taliban untuk ditukar dengan pembebasan seorang pejabatnya yang diculik di lembah Swat, tempat pemerintah mengupayakan perdamaian dengan menawarkan pelaksanaan hukum syariah Islam, kata seorang juru bicara.

“Kami telah membebaskan pejabat tersebut dan enam pengawalnya untuk ditukar dengan dua teman kami,” kata Muslim Khan, seorang jurubicara Taliban kepada Reuters Ahad malam.

Syed Mohammad Javed, komisioner untuk divisi Malakand yang termasuk Swat, membenarkan bahwa pejabat itu dan para pengawalnya telah dibebaskan, namun menolak memberikan komentar mengenai pertukaran itu.

Para pejuang Taliban menculik pejabat itu Ahad, setelah dua rekannya juga ditahan di Peshawar, ibukota Provinsi Perbatasan Baratlaut, sehari sebelumnya.

Taliban mengklaim bahwa penahanan itu melanggar syarat-syarat mereka yang memerintahkan gencatan senjata 10 hari di Swat sejak 15 Februari.

Pemerintah mendukung kesepakatan dengan ulama garis keras Maulana Sufi Mohammad, untuk memulihkan undang-undang Islam di Swat dan daerah-daerah tetangganya, jika dia bisa membujuk Taliban untuk tidak meningkatkan perang.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan Sabtu bahwa para pejuang Taliban dan para pejabat Pakistan telah sepakat untuk memberlakuka ‘gencatan senjata permanen’ di Swat.

Namun komandan Taliban, Maulana Fazlullah, yang anak menantu Sufi Mohammad, mengatakan belum ada satu keputusan yang diumumkan sejak gencatan senjata sementara saat ini habis masa berlakunya pada pertengahan pekan ini.

Sekitar 1.200 orang telah tewas dan 250.000 sampai 500.000 lainnya melarikan diri dari lembah Swat sejak aksi kekerasan meletus pada pertengahan 2007.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi bertolak ke Washington hari ini untuk melakukan konsultasi dengan para pejabat Amerika Serikat (AS) dan Afghanistan untuk meninjau kembali strategi keamanan di wilayah ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s