Amerika dan Pakistan Bergabung Dialog Trilateral Afghanistan

Standard

Washington, Amerika Serikat, 24/2 – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Hillary Clinton, Kamis (26/2), akan bertemu dengan timpalannya dari Pakistan dan Afghanistan guna membahas keadaan di Afghanistan, kata beberapa pejabat Amerika, Senin (23/2).

Hillary pertama dijadwalkan mengadakan pembicaraan terpisah dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi, Selasa, di Departemen Luar Negeri Pakistan, kata jurubicara Robert Wood.

Lalu pada hari Kamis, Hillary dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan Rangeen Dadfar Spanta tepat sebelum pembicaraan trilateral dimulai.

Dalam pembicaraan trilateral itu akan dibahas antara lain kajian terbaru kebijakan Amerika Serikat di Afghanistan.

“Saya yakin bakal ada pembicaraan trilateral yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, dan ada pula santap malam trilateral pada hari Rabu (25/2),” kata Wood kepada para wartawan.

“Kami jelas ingin mendengar dari berbagai pihak tentang perkembangan situasi di Afghanistan terkait pula dengan Afghanistan dan Pakistan. Dan Menlu Clinton sangat ingin berjumpa dengan kedua Menlu dari Pakistan dan Afghanistan, mendengarkan pandangan mereka, dan tentu saja berbagi pandangan kami,” katanya.

“Dan seperti yang saya bilang, semua ini akan menjadi masukan bagi kajian menyeluruh kami,” tambah Wood.

Sementara itu delegasi dari Pakistan dan Afghanistan selama sepekan akan berjumpa dalam kelompok kerja yang ditunjuk oleh Presiden Barrack Obama dan bertugas menangani kajian, dan kelompok tersebut diketuai oleh utusan khusus Amerika untuk kawasan itu Richard Holbrooke.

Mantan Kepala CIA Bruce Riedel dan Wakil Menteri Pertahanan Michele Flournoy juga mengetuai kelompok panel kajian yang mulai bertemu Rabu tersebut.

Laporan mereka akan diajukan kepada Presiden Obama sebelum pertemuan NATO 3-4 April di Strasbourg, Prancis, dan Kehl, Jerman.

(sumber ANTARA/AFP)Kirim Pesan YM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s