Iran Mengatakan Sekarang Mengoperasikan 6.000 Sentrifugal

Standard

Bushehr, Iran, 26/2 – Kepala badan atom Iran mengatakan, Rabu, negaranya sekarang mengoperasikan 6.000 sentrifugal untuk memperkaya uranium, tindakan yang menantang permintaan Barat agar Iran menghentikan proses nuklirnya yang sensitif.

“Kami memiliki 6.000 sentrifugal yang bekerja dan kami merencanakan untuk menambahnya. Dalam lima tahun ke depan, kami merencanakan untuk memiliki 50.000 sentrifugal,” Kepala Organisasi Energi Atom Gholam Reza Agazadeh mengatakan kepada wartawan.

Ia berbicara pada konferensi pers di pelabuhan Bushehr di Teluk, tempat Iran memulai percobaan pembangkit listrik tenaga nuklir pertamanya, yang dibangun dengan Rusia.

Pada November, Agazadeh mengatakan bahwa Iran telah mengoperasikan lebih dari 5.000 sentrifugal di instalasinya di Natanz.

Pekan lalu, pengawas atom PBB mengatakan dalam satu laporan bahwa Iran terus memperkaya uranium, proses yang berpotensi digunakan untuk membuat bom atom, tapi memperlambat ekspansi kegiatannya.

“Bertentangan dengan keputusan Dewan Keamanan, Iran tidak menangguhkan pengayaannya berkaitan dengan kegiatannya,” tulis Badan Energi Atom Internasional dalam laporan terakhirnya mengenai upaya nuklir Teheran, yang menjadi perdebatan.

Pengayaan merupakan pusat kakhawatiran Barat bahwa Iran secara rahasia berupaya untuk mengembangkan senjata nuklir karena pengayaan itu dapat digunakan untuk membuat bahan bakar nuklir dan inti fisil bom atom.

Laporan oleh IAEA, yang telah menyelidiki program nuklir Iran selama enam tahun, mengatakan ada 3.964 sentrifugal yang secara aktif memperkaya uranium di Natanz, hanya 164 lebih ketimbang pada November.

Pada puncaknya, 1.476 sentrifugal lagi telah menjalani tes vakum atau pengeringan tanpa material dan 125 tambahan yang telah dipasang tapi masih belum beroperasi.

Iran membantah dengan keras bahwa negara itu memiliki ambisi senjata nuklir dan telah menghadapi lima resolusi Dewan Keamanan PBB yang minta pembekuan kegiatan pengayaannya, termasuk tiga sanksi yang dijatuhkan.

(sumber ANTARA/AFP)Kirim Pesan YM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s