Menlu Inggris Kunjungi Irak

Standard

Baghdad, 27/2 – Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband tiba dengan pesawat terbang di Baghdad, Kamis, dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya, menjelang penarikan pasukan Inggris dari Irak pada Juli, kata seorang pejabat kedutaan besar Inggris.

Pejabat itu mengatakan kepada AFP, Miliband akan bertemu dengan Perdana Menteri Nuri al-Maliki, Menteri Luar Negeri Hoshyar Zebari dan dua wakil presiden Irak, sementara Presiden Irak Jalal Talabani sedang melakukan kunjungan ke luar negeri.

Miliband datang sepekan setelah Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengunjungi Irak. Kunjungan-kunjungan itu dilakukan di tengah gencarnya diplomasi di Baghdad ketika keamanan meningkat di negara yang dilanda perang itu.

Para pemimpin Irak, sejak kunjungan bersejarah Presiden Perancis Nicolas Sarkozy sebelumnya bulan ini, telah mengeluarkan undangan terbuka bagi perusahaan-perusahaan asing agar kembali dan berinvestasi di negara yang kaya minyak itu.

Miliband, yang terakhir kali mengujungi Irak pada April 2008, dijadwalkan menemui pasukan Inggris di provinsi Basra, Irak selatan, dan juga anggota-anggota dewan provoinsi yang baru terpilih, pada Jumat, kata pejabat kedutaan besar itu.

(sumber ANTARA/AFP)Kirim Pesan YM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s