Festival Kuda Lumping Ramaikan “Visit to Musi”

Standard

Palembang, 28/2 – Sebanyak 45 kelompok menjadi peserta pada Festival Kuda Lumping di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, ikut meramaikan “Visit to Musi” (kunjungan wisata ke Musi).

Ketua Paguyuban Kuda Lumping, Sumatera Selatan, Selamet Sumo Sentono mengatakan, festival kuda lumping yang perdana itu merupakan upaya keturunan Jawa melestarikan seni dan budaya warisan nenek moyang.

“Festival tersebut juga diharapkan mampu meramaikan kegiatan pariwisata dalam rangka ‘Kunjungan wisata ke Musi’,” katanya.

Menurut dia, 45 kelompok kuda lumping tersebut berasal dari enam kabupaten/kota di daerah itu.

“Kabupaten Banyuasin adalah daerah terbanyak kelompok kuda lumping di Sumsel,” katanya.

Festival kuda lumping juga diharapkan mampu memperkenalkan seni dan budaya asli Jawa itu secara luas, sehingga tidak hanya etnis Jawa yang dapat menikmati kesenian itu, tapi warga Sumsel dari berbagai suku pun bisa mengetahui bagaimana seni budaya yang mulai dipopulerkan pada zaman kerajaan Kediri dan Singosari.

“Festival kuda lumping yang diselenggarakan di pinggiran Sungai Musi itu diikuti dari berbagai kelompok kesenian khas Jawa mulai dari pemula yang anggotanya anak-anak sampai dengan pemain lama yang usianya lebih dari 50 tahun,” katanya.

Kuda lumping yang identik dengan kesurupan tidak akan ditemukan pada festival itu karena panitia akan mendiskualifikasi kelompok yang pemainnya kesurupan.

“Festival kuda lumping diharapkan mampu menempatkan kesenian rakyat di tempat yang lebih baik, sehingga kesenian tradisional mampu berjaya di negeri sendiri,” katanya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi pembangunan Pemko Palembang, Apriadi S Busri mengharapkan, warga Palembang dapat memanfaatkan momentum “Visit to Musi” dengan mengisi agenda kegiatan wisata baik seni maupun budaya.

“Partisipasi warga Sumsel yang terdiri dari berbagai suku itu diharapkan mampu mewujudkan Palembang menjadi kota sejuta budaya mendukung program kota internasional,” katanya.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s