Uni Eropa Akan Menyumbang 436 Juta Euro Dalam Bantuan Untuk Gaza

Standard

Brussels, 28/2 – Komisi Eropa mengumumkan, Jumat, mereka siap untuk menyumbang 436 juta euro dalam bantuan untuk Jalur Gaza yang dirusak konflik pada konferensi donor internasional pekan depan.

“Dengan memberikan paket bantuan substansial kami memastikan kemurahan hati dan komitmen kami terhadap Palestina,” Komisaris Hubungan Luar Negeri Uni Eropa (EU) Benita Ferrero-Waldner mengatakan dalam satu pernyataan.

Komisaris itu akan menjanjikan dana tersebut, untuk tahun ini, hari Senin pada konferensi donor di Mesir yang ditujukan untuk membantu membangun kembali Gaza menyusul perang Israel terhadap Hamas yang mulai akhir Desember.

Uni Eropa adalah donor terbesar bagi Palestina, dengan memberikan lebih dari setengah miliar euro tiap tahun, tapi uni itu hanya memiliki pengaruh kecil atas Israel.

Pemerintah otonomi Palestina mengatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan 2,8 miliar dolar untuk membangun kembali Gaza, bahkan waktu Israel memperingatkan serangan militer lainnya jika penyelundupan senjata ke daerah kantung Palestina yang diperintah-Hamas itu terus terjadi.

“Kami akan mempersembahkan bantuan kami untuk pemulihan cepat setelah konflik pada awal tahun ini, khususnya bagi keperluan mendesak pembersihan puing dan senjata yang tidak meledak serta untuk memberikan bantuan pada anak-anak yang traumatis,” kata Ferrero-Waldner.

Dana itu juga akan digunakan untuk mendukung skema “uang untuk kerja” serta memperbaiki tempat perlindungan yang rusak akibat serangan Israel terhadap gerilyawan Hamas, yang ditujukan untuk mengakhiri serangan roket yang diluncurkan dari Gaza pada warga Israel.

(sumber NTARA/AFP)Kirim Pesan YM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s