Anak 2 Tahun Terserang Flu Burung di Mesir

Standard

Kairo, 2/3 – Seorang anak laki-laki Mesir yang berusia dua tahun terjangkit virus flu burung dan berada dalam kondisi kritis, kata Kantor Berita MENA mengutip Kementerian Kesehatan Mesir, Minggu, dan itu merupakan kasus ke-56 di negara Arab tersebut.

MENA mengutip Asisten Menteri Kesehatan Nasr el-Sayyed yang mengatakan bahwa Youssef Abdel-Azim, yang berasal dari provinsi el-Fayoum, Mesir tengah, menunjukkan gejala-gejala penyakit itu Rabu setelah ia melakukan kontak dengan unggas yang sakit.

Ia dirawat dengan obat antivirus Tamiflu namun tetap berada dalam kondisi kritis di sebuah rumah sakit di Kairo, kata Sayyed, seperti dilaporkan kantor berita itu.

Mesir adalah salah satu dari beberapa negara terjangkit flu burung yang tidak menawarkan kompensasi bagi peternak ketika peternakan mereka dimusnahkan, yang menurut para ahli merupakan cara terbaik untuk menghentikan perluasan wabah penyakit itu.

Sekitar lima juta orang Mesir bergantung pada peternakan sebagai sumber utama makanan dan penghasilan.

Sejak 2003, virus avian influenza H5N1 menjangkiti 408 orang di 15 negara dan menewaskan 254 dari mereka.

Flu burung telah membuat mati atau memaksa pemusnahan lebih dari 300 juta unggas ketika penyakit tersebut meluas ke 61 negara di Asia, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.

Meski H5N1 jarang menjangkiti orang, para ahli khawatir virus itu akan bermutasi menjadi bentuk virus yang bisa berjangkit dengan mudah dari manusia ke manusia, dan itu bisa menimbulkan wabah yang berpotensi menewaskan puluhan juta orang dan meruntuhkan ekonomi global.

(sumber ANTARA/Reuters)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s