Jepang Bingung Makin Banyak Warganya Mencapai Usia 100 Tahun

Standard

Tokyo, 3/3 – Jepang saat ini memiliki begitu banyak warga yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun dan karena itu negara melakukan penghematan dengan mengurangi ukuran cangkir perak yang akan diberikan kepada orang-orang yang telah mencapai batas umur tersebut.

Tahun lalu ada 19.769 warga yang mencapai umur 100 tahun, jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun 1963 ketika hanya ada 153 orang yang berusia minimal 100 tahun.

Tradisi pemberian cangkir perak itu sendiri dimulai pada tahun 1963.

“Kami perhatikan, sebenarnya tidak akan kelihatan jauh berbeda kalau kita kurangi ukuran diameternya dari 10,5 menjadi 9 sentimeter,” kata seorang pejabat di Kementerian Kesehatan.

“Kami juga harus memikirkan bagaimana meneruskan tradisi ini dengan anggaran yang terbatas sementara jumlah orang (yang mencapai umur 100 tahun) terus meningkat.”

Cangkir-cangkir perak diserahkan setiap tanggal 15 September, yaitu hari libur untuk menghormati para warga yang pada tahun sebelumnya telah mencapai usia 100 tahun.

Harga cangkir bervariasi tergantung dari harga perak itu sendiri, sementara harian Yomiuri mengatakan harga satu cangkir adalah sekitar 7.000-8.000 yen (72-82 dolar AS).

Harga itu sudah termasuk kotak kayu untuk menaruh cangkir.

Warga Jepang adalah orang-orang dengan umur hidup terpanjang di dunia, fenomena yang menurut para ahli ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk aspek pengaturan makanan serta perawatan kesehatan.

(sumber ANTARA/Reuters)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s