Dewan Pers Siap Fasilitasi Sengketa Peliputan Pemilu

Standard

Kuta, 5/3 – Dewan Pers siap menjadi fasilitator apabila terjadi sengketa pada proses peliputan pemilu dan pemilihan presiden.

Hal ini diungkapkan anggota dewan pers, Bambang Harymurti dalam lokakarya bertajuk ‘Peliputan Pemilu dan Pilpres bagi Jurnalis’ yang berlangsung di Kuta, Bali, Kamis.

Lokakarya yang berlangsung sampai Jumat besok itu, melibatkan puluhan jurnalis yang berbasis di Kota Denpasar dan Provinsi Bali.

“Berdasarkan kesepakatan dengan Komisi Pemilihan Umum dan Komisi Penyiaran Indonesia dan Dewan Pers, maka kami siap memfasilitasi sengketa dalam peliputan pemilu,” kata Harymurti.

Kesepakatan KPU dan Dewan Pers serta KPI adalah pelaksanaan sanksi terhadap pers menyangkut pelanggaran UU Pemilu akan diserahkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia dan Dewan Pers.

Ia menjelaskan, untuk media elektronika akan mengikuti Undang-undang Penyiaran, sedangkan untuk media cetak akan mengikuti UU Pers, sementara untuk persoalan etika pemberitaan, Komisi Penyiaran Indonesia akan menyerahkan pembahasannya pada Dewan Pers.

Dewan Pers mensinyalir ada potensi bentuk-bentuk pelanggaran atau sengketa dalam peliputan yakni keberpihakan suatu media hingga munculnya media-media baru berbau politis.

“Potensi bentuk sengketa yakni media dituding tidak ‘cover both sides’, media dianggap hanya membela satu pihak dan menjelekkan pihak lain,” kata Harymurti.

Harymurti juga menambahkan ada fenomena munculnya media-media baru yang hanya beredar sesaat menjelang pemilu yang disinyalir hanya untuk menggiring pemilih dan menyudutkan lawan politik.

“Media yang seperti ini kami anggap hanya sebagai media brosur saja bukan media pada umumnya,” tambahnya.

(sumber ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s