INVESTASI BISNIS JEPANG CATAT REKOR ANJLOK

Standard

Tokyo, 5/3 – Perusahaan-perusahaan Jepang yang akan melakukan investasinya di pabrik dan peralatan mencapai rekor penurunan investasi sebagai upaya mengatasi resesi yang memburuk di negara yang terbesar perekonomiannya di Asia itu, demikian data Kamis.

Investasi itu anjlok 17,3 persen dalam triwulan hingga Desember 2008 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, yang dimotori perusahaan otomotif dan manufaktur, kata kemeneterian Keuangan Jepang. Angka itu merupakan anjlok terbesar sejak 2002.

Jika dikecualikan belanja untuk perangkat lunak, investasi anjlok 18,1 persen.

“Aibatnya semakin menegaskan perekonomian Jepang memburuk secara cepat dan melalui fase yang sangat berat,” kata pejabat kementerian Keuangan kepada pers.

Perusahaan-perusahaan Jepang mengalami penurunan penjualan 11,6 persen di kuartal itu dari tahun sebelumnya dan laba sebelum pajak anjlok 64 persen.

Perusahaan manufaktur mengalami dampak paling besar dengan pendapatannya menyusup 94 persen.

Sebelum penurunan ekonomi saat ini, sektor korporasi Jepang menjadi penggerak utama pemulihan ekonomi di negerinya saat resesi 1990-an.

Namun perusahaan Jepang itu kini menurunkan investasinya sebagai reaksi atas permintaan dan laba yang menurun, sehingga meningkatkan kekhawatiran terhadap resesi ini akan lebih dalam dan lama dari yang dikhawatirkan sebelumnya.

Perusahaan-perusahaan mulai dari Sony hingga Toyota telah mengurangi pekerjaannya dan karyawannya untuk mengatasi kelesuan saat ini.

Perekonomian Jepang menyusut 3,3 persen di kuartal keempat 2008 atau menyusut 12,7 persen berdasarkan basis tahunan, yang merupakan kinerja terburuk sejak 1974.

Data investasi bisnis akan digunakan untuk merevisi produk domestik bruto yang akan diterbitkan 12 Maret.

(ANTARA/AFP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s