Jalili: AS, Barat Tak Sadari Kenyataan Regional

Standard

Teheran, 6/3 – Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Saeed Jalili menyelenggarakan pembicaraan terpisah dengan ketua parlemen Lebanon dan Senat Afghanistan mengenai masalah Palestina dan perkembangan regional.

Pertemuan itu diselenggarakan di sisi Konferensi Internasional Ke-4 untuk Mendukung Palestina, Contoh Perlawanan, dan Gaza Korban Kejahatan Perang, yang dimulai di ibukota Iran, Teheran, 4 Maret.

Dalam pertemuannya dengan Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri, Jalili mengatakan, “Perlawanan Islam di Lebanon dipandang sebagai tunas pohon yang menguntungkan yang tumbuh dan menyebarkan akarnya di bawah kondisi sulit. Tunas itu sekarang telah berubah jadi pohon kuat di seluruh wilayah ini dan mengganggu semua perhitungan politik serta militer rezim Zionis dan sekutu Barat-nya”.

“Karena Presiden baru AS (Barack Obama, red) memangku jabatan dengan motto perubahan, kita mesti menunggu dan melihat perkembangan politik masa depan di wilayah ini guna menilai pernyataannya,” kata Jalili.

Dalam pertemuan lain denan Ketua Senat (Majelis Tetua) Afghanistan Sibghatullah Mojaddedi, Jalili mengatakan AS dan negara Barat tak mengetahui cara menangani masalah Afghanistan akibat kekurangan mereka akan pengetahuan dan pemahaman mengenai kenyataan di wilayah itu.

Afghanistan adalah negara dengan rakyat yang pemberani dan ulet, yang tak pernah menyerah pada kolonialisme, katanya.

“Seandainya saja mereka telah mengirim traktor dan bukan tank ke Afghanistan, situasi di negeri itu pasti telah membaik,” ia menegaskan.

Sementara itu, Mojaddedi menyampaikan terima kasih kepada Republik Islam Iran atas dukungannya bagi rakyat Afghanistan selama perang dan masa perang dan mengatakan hubungan yang ada antara kedua negara sangat dalam dan bersahabat.

Sementara itu pejabat Palestina yang bertanggung-jawab atas Hubungan Luar Negeri di Departemen Politik Front Rakyat bagi Pembebasan Palestina berterima kasih kepada Iran karena menyelenggarakan Konferensi untuk Mendukung Palestina.

“Kami jelas memerlukan konferensi seperti ini guna mendukung rakyat Palestina,” kata Abu Khalil di sisi konferensi tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Iran atas dukungan luar biasanya bagi masalah Palestina,” katanya.

Ketika diminta mengomentari pernyataan seorang pemimpin Arab yang menyeru Iran agar menyingkir dari masalah Palestina, ia mengatakan para pemimpin Arab telah berdiam diri selama 60 tahun terakhir dan sekarang Iran mendukung Palestina, lalu mereka mengatakan Palestina adalah masalah Arab.

Ia mengatakan para pemimpin Arab tak memiliki keberanian untuk mengatakan “tidak” kepada Israel.

(sumber ANTARA/IRAN-OANA)

Advertisements

2 responses »

    • check..check..

      check sound dulu..yo check sound dulu

      makasih ya mbak uda mau ngunjungi blog yang tidak seberapa ini

      rajin-rajin aja truz baca dan jangan lupa tinggali komen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s