Polwan Polres Sumenep Kenakan Jilbab

Standard

Sumenep, 11/3 – Tujuh polisi wanita (polwan) di Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, kini mengenakan jilbab.

Kapolres Sumenep, AKBP Umar Effendi, Rabu, menjelaskan, setelah ada imbauan dari Kapolda Jawa Timur, Brigjen (Pol) Anton Bachrul Alam, tentang kebebasan polwan mengenakan jilbab, pihaknya langsung melakukan sosialisasi pada anggotanya.

“Ternyata, sejak Selasa (10/3), tujuh anggota polwan kami, sudah mengenakan jilbab. Mereka mengenakan jilbab, secara sukarela,” katanya di Sumenep.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak memaksa tujuh anggota polwannya untuk berjilbab, karena kebebasan pengenaan jilbab bagi anggota polwan sebatas imbauan.

“Pengenaan jilbab bagi polwan di lingkup Polda Jatim dan jajarannya, bukan sebuah perintah. Jadi, pengenaan jilbab diserahkan sepenuhnya pada kesadaran anggota polwan yang muslim (beragama Islam),” katanya menambahkan.

Umar menjelaskan, pihaknya bersyukur, tujuh anggota polwannya memiliki inisiatif sendiri mengenakan jilbab, setelah ada sosialisasi kebebasan mengenakan jilbab bagi polwan.

“Tujuh polwan yang bertugas di Polres Sumenep, semuanya muslim. Staf kami (perempuan) yang bukan polwan, juga mengenakan jilbab,” katanya.

Bripda (Pol) Mayang Kumalasari, salah seorang polwan di Polres Sumenep, menjelaskan, pimpinannya memang tidak memaksa dirinya untuk mengenakan jilbab.

“Saya mengenakan jilbab, atas kemauan sendiri, dan kebetulan sekarang memang tidak dilarang. Saya akan membiasakan diri untuk mengenakan jilbab. Untuk hari pertama mengenakan jilbab, memang terasa gerah,” katanya sambil tersenyum.

Tujuh polwan yang bertugas di Polres Sumenep, tersebar di sejumlah fungsi, yakni tiga di Satuan Reskrim, dua di Satuan Lalu Lintas, satu di Satuan Intelkam, dan satu polwan adalah perwira pertama di Polres Sumenep.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s