Yaman Adili 16 Tersangka Gerilyawan Al Qaida

Standard

Sanaa, 12/3 – Enam belas tersangka gerilyawan al Qaida diadili Rabu di Yaman, dituduh melakukan serangkaian serangan terhadap sasaran asing dan pemerintah tahun lalu, termasuk satu serangan yang menewaskan dua wisatawan Belgia.

Orang-orang itu termasuk 11 warga Yaman, empat Suriah dan satu warga Arab Saudi asal Yaman, kata pengadilan. Mereka dituduh membunuh wisatawan tersebut di daerah Hadramaut pada Januari 2008 dalam serangan yang diklaim oleh kelompok Islamis yang sebelumnya tidak dikenal yang disebut Brigade Tentara Yaman.

Mereka juga dituduh melakukan serangan mortir yang gagal di kedutaan besar Italia dan AS serta sebuah kompleks perumahan orang asing di Sanaa, semuanya diklaim oleh Organisasi al Qaida di Semenanjung Arab, dan juga serangan yang diupayakan di sebuah kilang minyak.

Serangan terhadap bangunan pemerintah dan pos pemeriksaan keamanan juga terdapat dalam lembaran tuduhan pengadilan itu. Mereka bagaimanapun juga dituduh terlibat dalam serangan bom-mobil bunuh diri di kedutaan besat AS, September, yang menewaskan 17 orang.

Lembaran tuduhan itu mengatakan para pria tersebut adalah “anggota organisasi al Qaida”.

Yaman bergabung dengan perang melawan terorisme pimpinan-AS menyusul serangan 11 September di beberapa kota AS pada 2001.

Negara itu telah memenjarakan puluhan gerilyawan berkaitan dengan pemboman atas sejumlah sasaran Barat dan bentrokan dengan pemerintah, tapi masih dianggap di Barat sebagai surga yang aman bagi gerilyawan Islam.

Lebih sepertiga dari lebih dari 250 tawanan di penjara AS untuk para tersangka pelaku terorisme di Teluk Guantanamo berasal dari Yaman.

(sumber ANTARA/Reuters)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s