Kelompok Islam yang Bersaing Bentrok di Somalia, 11 Tewas

Standard

Mogadishu, 16/3 – Sebelas orang tewas dalam bentrokan Sabtu malam antara kelompok-kelompok Islam yang bersaing di daerah Somalia tengah, ketika pertempuran terus berlangsung di pinggiran kota mereka, beberapa warga mengatakan, Ahad.

Petempur dari kelompok Ahlu Sunnah wal Jamaah, yang moderat, telah merebut kota Wabho, 300Km di utara ibukota Somalia, Mogadishu, dari kelompok garis keras ash-Shabaab dalam pertempuran yang dimulai Sabtu.

“Saya telah menghitung 11 orang yang tewas tergeletak di lorong-lorong Wabho,” kata saksi Abdi Ali.

“Mereka semua petempur kecuali satu wanita yang tewas akibat peluru nyasar. Kami telah diserang sejak semalam.”

Pertempuran antara kedua keompok itu adalah yang tersengit dalam beberapa hari belakangan dan beberapa warga mengatakan gerilyawan ash-Shabaab telah mengalir ke daerah itu untuk meningkatkan jumlah mereka.

Habiba Osman, warga lain Wabho, mengatakan sebagian besar warga telah meninggalkan rumah mereka dan pertempuran masih berlangsung di dekat kota itu.

“Saya melihat sedikitnya 10 orang terluka tapi tidak ada orang yang telah memberi mereka bantuan pertama,” ia mengatakan melalui telefon.

“Tidak ada rumah sakit di sini dan kami mendengar baku-tembak gencar di hutan yang berdekatan. Beberapa kelompok lain  sekarang bergabung dengan ash-Shabaab dalam perang itu dan kami tidak memiliki harapan akan perdamaian dalam beberapa hari yang akan datang.”

Jurubicara Ahlu Sunnah wal Jamaah mengatakan kelompoknya telah menewaskan delapan petempur ash-Shabaab dan menangkap tujuh orang lagi.

“Kami telah kehilangan satu orang dan empat orang lagi terluka dari pihak kami,” kata jurubicara Sheikh Abdullahi Sheikh Abu Yusuf.

“Kami akan menyelesaikan perang ini dalam waktu dekat, namun banyak kelompok teroris di sana. Wabho sekarang di tangan kami dan kami sekarang baru saja akan merebut El Bur, markas terbesar mereka,” Yusuf menambahkan.

Ash-Shabaab, yang ingin menerapkan hukum Islam, menguasai beberapa bagian timur dan seluruh bagian selatan Somalia kecuali Mogadishu.

Ahlu Sunnah wal Jamaah mengatakan kelompok itu mendukung Presiden Sheikh Sharif Ahmed, yang terpilih belum lama ini, tapi memperingatkannya terhadap rangkulanya pada musuh lamanya ash-Shabaab, yang ada dalam daftar terorsi asing Washington.

Lebih dari 16.000 warga sipil telah tewas dalam dua tahun aksi perlawanan di Somalia dan satu juta orang telah diusir dari rumah mereka.

(sumber ANTARA/Reuters)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s