Hidayat Hormati Sultan Maju Sebagai Capres

Standard

Yogyakarta, 17/3 – Hidayat Nur Wahid, tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menghormati keinginan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X maju sebagai calon presiden (capres).

“Saya menghormati keinginan Sultan maju sebagai capres, dan mari kita sama-sama doakan agar niat baik Sultan itu dapat terwujud,” katanya usai menjadi juru kampanye PKS di stadion Mandala Krida Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan, dalam deklarasinya pada 28 Oktober 2008 lalu Sultan menyatakan akan maju sebagai capres dan tidak sebagai calon wail presiden (cawapres), ini merupakan sikap politik yang harus dihormati.

“Sultan adalah raja, karena itu saya yakin dengan pendiriannya tersebut, apalagi di masyarakat dikenal istilah ‘sabda pandita ratu tan kena wola wali’ yang berarti ucapan raja adalah sabda yang tidak mungkin berubah-ubah,” katanya.

Ia menyatakan yakin Sultan tetap akan maju sebagai capres, bukan cawapres.

Menurut dia, sebagai politisi yang berpengalaman Sultan juga menunjukkan sebagai seorang yang berjiwa besar dengan pernyataannya yang mengatakan Partai Golkar sudah kembali menemukan identitasnya sebagai partai pemenang pemilu setelah 28 dari 33 DPD di Indonesia sepakat untuk mencalonkan Jusuf Kalla sebagai capres.

“Meskipun Sultan berharap bisa masuk capres melalui Partai Golkar dalam mekanisme survei, namun Sultan ‘legowo’ dan menunjukkan diri sebagai seorang politisi yang matang,” katanya.

Ia menilai Sultan tentunya juga sudah mempertimbangkan hal ini ketika mendeklarasikan sebagai capres.

Ia mengatakan, Sultan saat ini juga telah berupaya untuk mencari dukungan masyarakat dengan memperkenalkan diri ke berbagai daerah untuk mewujudkan harapannya menjadi presiden.

“Sultan sebagai politisi berpengalaman tentu memiliki strategi sendiri untuk mendapatkan dukungan tersebut,” katanya.

Terkait kemungkinan PKS akan menggandeng Sultan sebagai capres, ia mengatakan semua itu tergantung keputusan dari dewan syuro partai.

“Selama ini PKS selalu siap berkoalisi dengan partai apa pun dan itu telah banyak dilakukan dalam pemilihan kepala daerah, dan sukses seperti di Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah lainnya,” katanya.

Menurut Hidayat, tetap ada kemungkinan mengajukan Sultan sebagai capres, dan semua itu tergantung keputusan dewan syuro partai.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s