Hamas Konfirmasi Kesepakatan Soal Pembentukan Pemerintah Persatuan

Standard

Kota Gaza, 19/3 – Juru bicara Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) Fawzi Barhoum, Rabu malam, mengkonfirmasi bahwa semua faksi Palestina telah mencapai kesepakatan pembentukan pemerintah persatuan peralihan di ibukota Mesir, Kairo.

Barhoum, yang saat ini berada di Kairo, mengatakan dalam satu pernyataan yang dikirim kepada wartawan bahwa utusan Palestina yang menghadiri pertemuan di Kairo telah menyepakati pembentukan pemerintah peralihan yang mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan umum sebelum akhir tahun.

Rabu pagi, sebagaimana dikutip kantor berita resmi Mesir, MENA, Sekretaris Jenderal Front Pembebasan Palestina (PLF) Wasel Abu-Youssef mengatakan komite pemandu dan penyelia yang lebih tinggi sepakat bahwa pemerintah mendatang “akan menjadi pemerintah persatuan nasional sementara”.

Misi pemerintah yang diusulkan itu akan berakhir dengan penyelenggaraan pemilihan anggota dewan legislatif Palestina sebelum 25 Januari 2010, kata Abu-Youssef.

Pemimpin dari 13 faksi Palestina telah menyelenggarakan dialog intensif mengenai berbagai masalah kontroversial yang berkaitan dengan pembentukan pemerintah, keamanan, pemilihan umum, perujukan dan pembentukan kembali Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

“Kami pada dasarnya menyepakati pembentukan pemerintah mendatang. Kesepakatannya ialah membentuk pemerintah persatuan peralihan sementara dan mengerjakan persiapan bagi pemilihan umum mendatang,” kata Barhoum.

Namun, ia mengatakan peserta pertemuan di Kairo “masih memperdebatkan landasan politik pemerintah ini dan susunan menterinya”. Perdebatan tersebut masih terpusat pada apakah HAMAS menghormati atau mematuhi semua komitmen PLO.

Barhoum menjelaskan bahwa komite pengendali tertinggi dialog tersebut melanjutkan perdebatan dan pembahasannya di Kairo “dengan sungguh-sungguh dan keprihatinan mengenai semua masalah disampaikan oleh kelima komite dialog”.

“Komite tertinggi telah membatasi semua masalah yang disepakati peserta pertemuan dan topik yang mereka sepakati, terutama masalah keamanan, pembentukan pemerintah dan pemilihan umum,” kata Barhoum.

(sumber ANTARA/Xinhua-OANA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s