Kehadiran Nur Mahmudi Tak Langgar Kampanye

Standard

Depok, 19/3 – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok menilai kehadiran Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam kampanye terbuka perdana Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Lapangan Irekap, Jatimulya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat bukan merupakan pelanggaran kampanye.

“Kedatangan Pak Nur sebagai Wali Kota Depok dan sebagai undangan,” kata Ketua Penerimaan Laporan dan Penegakan Hukum Panwaslu, Sutarno, menanggapi kehadiran Nur Mahmudi dalam kampanye PKS, di Depok, Kamis.

Menurut dia, keberadaan wali kota bukan sebagai juru kampanye maupun panitia pelaksana, jadi tidak melanggar kampanye.

Berdasarkan pantauannya, isi pidato Nur Mahmudi tidak mengandung unsur kampanye.

Dalam pidatonya, Nur menghimbau kepada seluruh warga Depok untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 April nanti. Selain itu, ia juga berharap agar jajaran birokrat turut aktif mensosialisasikan kepada masyarakat terkait tata cara pemilihan yang kini berbeda dengan pemilu sebelumnya.

Namun, lanjut Sutarno, tidak tertutup kemungkinan jika nantinya ada laporan ke Panwaslu bahwa wali kota melakukan pelanggaran dalam kampanye terbuka tersebut, pihaknya masih bisa mengubah penilaian tersebut.

“Kalau ada laporan dari masyarakat atau pihak lainnya maka Panwaslu masih bisa mengubah,” jelasnya.
Sutarno menambahkan, pejabat yang menggunakan fasilitas negara dalam melakukan kampanye melanggar PP no 14 tahun 2009 tentang Tata Cara Pejabat Negara Berkampanye.

Sebelumnya Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menyatakan tidak akan mengambil cuti untuk menjadi juru kampanye pada pemilihan umum legislatif.

“Saya tidak akan ambil cuti untuk menjadi jurkam bagi PKS,” katanya.

Namun, kata dia, bukan berarti ia tidak menghadiri kampanye yang dilakukan oleh PKS Kota Depok. “Saya akan hadir dalam kampanye tersebut, tapi tidak akan melakukan orasi politik,” jelasnya.

Ia mengatakan dirinya terbuka bagi partai lainnya untuk diundang hadir pada kampanye. “Kalau ada partai yang undang saya bersedia hadir,” katanya.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s