PTUN Medan Tawarkan Kerjasama Bidang Hukum ke Pemprovsu

Standard

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) untuk peningkatan pengetahuan pejabat tentang hukum. Tujuannya, untuk meminimalisir kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang berbuntut persoalan hukum.

Proposal kerjasama itu disampaikan Ketua PTUN Medan Yosran SH MH kepada Sekdapropsu RE Nainggolan, Kamis (19/3) di kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan. “Selain untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang sudah terjalin selama ini, Kami juga ingin menyampaikan proposal tentang formulasi untuk peningkatan pengetahuan tentang hukum bagi pejabat di lingkungan Pempropsu. Terutama tentang teknis pembuatan keputusan kebijakan,” ujar Yosran.

Dengan adanya bekal pengetahuan pejabat tentang hukum, jelasnya, diharapkan tidak ada lagi gugatan ataupun persoalan hukum terhadap keputusan dan kebijakan yang dibuat Pempropsu. Kegiatan yang berupa pelatihan dan ceramah ini diprioritaskan untuk para kepala dinas, kepala badan, kepala biro dan unsur terkait lainnya.

“Kami dari PTUN siap membantu Pempropsu, terutama dalam pembekalan pengetahuan tentang hukum ini,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekdapropsu RE Nainggolan menyatakan sangat mendukung dan menyambut baik tawaran PTUN tersebut. Apalagi, saat ini Pempropsu sangat membutuhkan orang-orang profesional yang berkualitas di bidang hukum.

“Ya, karena hampir setiap hari, ada saja keputusan yang dibuat oleh Pempropsu. Dan ini memang menjadi domainnya PTUN,” ujarnya.

Karena itu, Sekda mengharapkan tawaran ini segera di tindaklanjuti oleh pejabat terkait. Termasuk Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Biro Hukum. Khusus untuk BKD, diharapkan dapat segera membuat pelatihan tentang legal drafting dan melibatkan PTUN dalam sebagai nara sumbernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s