Tiga Ribu Warga PKS Ikuti Senam Nusantara

Standard

Bogor, 19/3 – Sekitar 3.000 warga dan pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengikuti senam Nusantara pada kampanye terbuka di lapangan Heulang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Massa yang berasal dari enam wilayah DPC PKS di Kota Bogor itu mengikuti gerakan senam dengan iringan lagu-lagu daerah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan itu, diawali dengan orasi singkat juru kampanye nasional A Mabruri yang merupakan calon anggota DPR RI, dan caleg provinsi, Nuruzzaman.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bogor Yusuf Dardiri mengatakan kegiatan senam ini dipilih dengan alasan murah, menyehatkan, aman serta menjalin keakraban antar warga.

“Setelah senam, baru kami melakukan konvoi ke masing-masing dapil (daerah pemilihan),” katanya.

Ia mengatakan PKS tidak hanya mengedepankan metode rapat umum dalam kampanye terbuka. “Kami lebih fokus ke tiga hal yaitu basis potensi lokal, tatap muka dan dialog, serta kampanye kreatif,” katanya.

Penggalian basis potensi lokal, menurut dia dilakukan dengan pendekatan sesuai potensi pemilih di wilayah yang bersangkutan, misalnya pendekatan untuk pemilih di wilayah pesantren, pelajar, dan sebagainya.

Sedangkan tatap muka dan dialog dilakukan untuk mendidik pemilih agar menggunakan hak pilihnya secara rasional, bukan hanya sekadar pilihan emosional.

“Kampanye juga dilakukan dengan menggunakan cara-cara kreatif seperti cukur (pangkas rambut) gratis, pengobatan untuk perokok, serta sosialisasi ke panti jompo,” kata Yusuf.

Menurut dia, meski kampanye dengan rapat umum masih perlu dilakukan, namun tidak lagi menjadi hal yang utama bagi PKS, karena berbagai pertimbangan di antaranya butuh biaya besar dan kurang efektif.

“Kampanye rapat umum itu biayanya tinggi, karena massa banyak, kita harus keluar dana untuk logistik. Di samping itu, kurang efektif karena seringkali tidak didengar lagi oleh masyarakat,” katanya.

Usai melakukan Senam Nusantara, massa PKS kemudian melakukan konvoi ke dapil masing-masing dengan menggunakan mobil dan sepeda motor.

Mereka membagikan selebaran dan buku kecil dari masing-masing caleg.

Selain PKS, partai politik yang dijadwalkan menggelar kampanye terbuka pada Kamis adalah Partai Patriot, Partai Kedaulatan, dan Partai Indonesia Sejahtera.

(sumber ANTARA)

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s