Surat Suara Rusak di PPLN Melbourne Diganti

Standard

Brisbane, 31/3 – Konsul Jenderal RI di Melbourne, Budiarman Bahar, mengatakan, Selasa, kesiapan pelaksanaan Pemilu 9 April di negara bagian Victoria dan Tasmania berjalan lancar, termasuk ratusan surat suara yang rusak sudah diganti.

“Persiapan berjalan lancar dan surat suara yang rusak sudah diganti sehingga jumlah surat suara sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan di hari pencentangan,” katanya sehubungan dengan kesiapan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Melbourne menyongsong tibanya hari pelaksanaan Pemilu 9 April.

Budiarman mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan satu mobil yang akan digunakan PPLN sebagai “tempat pemungutan suara (TPS) keliling” untuk membantu para pemilih di kota Melbourne dan sekitarnya yang karena kondisi fisiknya sulit mencapai TPS terdekat untuk mencentang.

“Karena 9 April jatuh pada hari kerja di Australia, TPS-TPS akan dibuka dari pukul 09.00 sampai 19.30 waktu Melbourne,” katanya.

Sebelumnya, Anggota PPLN Melbourne Abelian Yodha, mengatakan, pihaknya menemukan sekitar 900 surat suara dalam paket logistik Pemilu yang diterima dari KPU dalam keadaan rusak.

“Ada sekitar sembilan ratus surat suara yang kita dapatkan rusak saat kita melakukan proses pelipatan surat suara. Kebanyakan surat suara yang rusak itu disebabkan terkena noda tinta dalam proses pencetakannya,” katanya.

Proses pelipatan surat-surat suara itu sendiri sudah selesai dilakukan 15 Maret lalu.

Di dua negara bagian yang menjadi tanggungjawab PPLN Melbourne, terdapat sedikitnya 11.700 orang pemilih tetap. Mereka akan menyalurkan suaranya lewat pos, datang langsung ke salah satu dari 22 TPS, maupun memanfaatkan TPS keliling.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s