Presiden Ingin Berbahasa Indonesia dalam Forum G-20

Standard

London, 31/3 – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeinginan menyampaikan pidato dalam Bahasa Indonesia pada forum konferensi tingkat tinggi G20 di London.

Ketika berbicara dengan para wartawan di “Grosvenor House” Hotel JW Marriott, London, Selasa, Presiden mengatakan, kepala negara/pemerintahan yang menghadiri pertemuan G20 di London pun memilih menggunakan bahasa negara mereka masing-masing, bukan Bahasa Inggris.

“Angela Merkel (Kanselir Jerman) memakai Bahasa Jerman, Sarkozy (Nikolas Sarkozy, Presiden Perancis) memakai Bahasa Perancis,” tutur Presiden.

Begitu pula, lanjut dia, Presiden Brazil Lula Da Silva menggunakan Bahasa Portugis, Presiden Hu Jintao memakai Bahasa China dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak memilih bahasa asal mereka masing-masing.

“Tetapi, jika saya memakai Bahasa Indonesia, mungkin hanya Presiden Obama yang mengerti,” kata SBY dengan nada bercanda.

Presiden berada di London untuk mengikuti pertemuan G20 yang dimulai pada Rabu (1/4) malam dengan resepsi oleh Ratu Elizabeth II dan jamuan makan malam oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Gordon Brown.

Esok harinya, Presiden Yudhoyono menghadiri sarapan bersama dengan kepala negara/pemerintahan kelompok G20, lalu mengikuti foto bersama.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan berpidato pada urutan ke-11 pada sesi utama konferensi tingkat tinggi G20.

Namun, karena Presiden dijadwalkan kembali ke tanah air pada 2 April pukul 11.00 waktu London, maka kemungkinan pidato Presiden akan dimajukan waktunya.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s