PPLN Beijing Ajak Ormas Menyukseskan Pemilu

Standard

Beijing, 3/4 – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) Indonesia yang ada di Beijing, China, untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2009.

“Kita akan kumpulkan semua ormas yang ada di sini agar dapat mengimbau kepada anggotanya untuk aktif memberikan suara dalam pemilu legislatif mendatang,” kata Ketua PPLN Beijing, Krishna Adi Poetranto, di Beijing, Jumat.

Menurutnya, pihaknya akan bertemu dan berkumpul dengan pimpinan ormas seperti organisasi keagamaan, organisasi pemuda, organisasi mahasiswa, hingga perkumpulan ibu-ibu warga Indonesia yang menetap di China agar aktif dalam memberikan suara di pemilu.

Melalui pimpinan ormasnya masing-masing, kata Krishna, diharapkan mereka nanti bisa menyampaikan kepada para anggotanya pada 9 April 2009, agar datang ke TPS yang ada di KBRI Beijing sebagai bentuk partisipasi aktif politik.

“Diharapkan dengan adanya pertemuan dengan para ormas yang ada di sini dan pimpinannya mau menyampaikannya ke anggotanya, maka jumlah pemilih dalam pemilihan legislatif mendatang bisa optimal,” kata Krishna.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu, katanya, PPLN Beijing setidaknya telah melakukan sosialisasi sebanyak empat kali di depan ratusan warga Indonesia yang berada di Shanghai, Nanjing, dan Beijing.

Jumlah pemilih pada pemilu legislatif di wilayah kerja KBRI Beijing mencapai 3.166 orang, dengan perincian terbesar berada di Beijing sebanyak 1.829 orang, di Shanghai 804 orang, di Tianjin 98 orang dan 435 orang tersebar di sejumlah kota di wilayah China.

PPLN Beijing bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu di China, kecuali untuk wilayah Hong Kong dan Makao yang dilakukan oleh PPLN Hong Kong, dan empat wilayah kerja KJRI Guangzhou, yaitu Provinsi Guangdong, Fujian, Hainan, dan Guang Xi yang dilakukan KJRI Guangzhou.

Mengenai persiapan penyelenggaraan pemilihan caleg yang pelaksanaannya tinggal enam hari lagi, dia mengaku, pihaknya sudah siap menyelenggarakan Pemilu 2009, termasuk diantaranya sudah mengirimkan surat suara via pos kepada warga Indonesia yang berada di luar Beijing.

“Seluruh akomodasi yang dikirim oleh KPU seperti surat suara, segel serta tinta telah kita terima lengkap. Hanya untuk bilik suara dan kotak suara kita siapkan sendiri dan saat ini sudah jadi,” katanya.

Rencananya pada 8 April, PPLN Beijing bersama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) akan mendirikan empat TPS yang keseluruhannya berada di halaman KBRI Beijing.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s