Koalisi Demokrat Dengan PKS Bisa Terwujud

Standard

Yogyakarta, 11/4 – Koalisi antara Partai Demokrat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mungkin bisa diwujudkan melihat hasil hitung cepat perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

“Saya melihat skenario awal koalisi Demokrat dengan PKS akan terwujud setelah pemilu legislatif karena perolehan suara partai Presiden Yudhoyono sudah di atas 20 persen,” kata Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof Dr Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Sabtu.

Selain dengan PKS, menurut dia, koalisi yang juga mungkin bisa diwujudkan adalah antara Partai Demokrat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan perolehan suara Demokrat yang signifikan, koalisi itu tinggal menunggu direalisasikan.

“Koalisi antara Demokrat dengan PKS dan PKB tampaknya akan segera direalisasikan untuk menghadapi pemilihan presiden (pilpres) yang rencananya digelar Juni 2009,” kata Edy yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Ia mengatakan, perolehan suara Demokrat pada pemilu tahun ini yang signifikan menunjukkan rakyat mempunyai selera terhadap pemimpin seperti Susilo Bambang Yudhoyono.

“Rakyat ternyata suka dengan sosok pemimpin yang tidak meledak-ledak, tidak emosional, dan terkesan kebapakan sehingga mereka memilih Demokrat sebagai representasi dari Yudhoyono yang dianggap memiliki sifat tersebut,” katanya.

Dengan demikian, menurut dia, Susilo Bambang Yudhoyono yang maju menjadi capres dari Demokrat diperkirakan akan memenangi Pilpres 2009, karena capres lain dianggap tidak memiliki sifat seperti yang diinginkan rakyat.

Ia mengatakan, dengan perolehan suara Demokrat hasil hitung cepat di atas 20 persen sudah memenuhi lebih dari 220 kursi dari 550 kursi di DPR, yang akan memperkuat posisi Yudhoyono jika nanti terpilih kembali menjadi presiden.

“Dengan perolehan kursi DPR sebanyak itu posisi Yudhoyono jika nanti terpilih kembali menjadi presiden akan lebih kuat, karena elektabilitasnya tinggi. Berbeda dengan pemilu sebelumnya di mana Demokrat hanya memperoleh suara 7,5 persen,” katanya.

(sumber ANTARA)

Advertisements

One response »

  1. Pingback: kampanye damai pemilu indonesia 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s