Jumlah Kursi PKS Diprediksi Meningkat 40 Persen

Standard

Semarang, 13/4- Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Tengah memprediksi perolehan jumlah kursi untuk DPRD tingkat Jateng meningkat hingga 40 persen dibanding pemilu 2004.

“Kami optimistis, perolehan kursi di tingkat provinsi meningkat hingga 40 persen dibanding perolehan kursi tahun lalu. Minimal perolehan kursi PKS menjadi 10 kursi,” ujar Ketua Umum DPW PKS Jateng Arif Awaludin, di Semarang, Senin.

Adanya penambahan kursi tersebut, kata Arif, seluruh daerah pemilihan (dapil) terisi kursi PKS.

Ia mengatakan, perolehan kursi di tingkat kabupaten/kota PKS juga mengalami trend (kecenderungan) yang positif.

“Daerah-daerah yang sebelumnya PKS tak mendapat kursi, pada pemilu 2009 mulai terisi. Misalnya, di Kabupaten Kebumen PKS berhasil mendapatkan empat kursi, Blora empat kursi, Rembang dua kursi, Grobogan dua kursi, Kendal dua kursi, dan Batang juga dua kursi,” ujarnya.

Sementara pertambahan jumlah kursi yang diperoleh PKS, kata Arif, terjadi di sejumlah daerah, seperti di Kabupaten Wonogiri semula hanya empat kursi menjadi enam kursi, Kabupaten Pati dari dua kursi menjadi empat kursi, Banjarnegara dari dua kursi menjadi empat kursi, Purbalingga dari satu kursi menjadi empat kursi.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Pemalang, semula pemilu 2004 hanya meraih dua kursi meningkat menjadi lima kursi, Jepara dari satu kursi meningkat menjadi empat kursi, dan Demak dari dua kursi menjadi lima kursi.

Arif menjelaskan, perolehan suara PKS di Jawa Tengah pada pemilu ini relatif lebih merata di sejumlah daerah. “Pemilih PKS tak hanya terkosentrasi di perkotaan, bahkan hingga di daerah pedesaan. Ini indikasi bahwa PKS sudah diterima hampir di seluruh segmen masyarakat,” klaimnya.

Sebenarnya, kata Arif, potensi perolehan suara PKS bisa lebih besar lagi jika di lapangan tidak ada indikasi praktik politik uang yang begitu marak terjadi, khususnya sehari menjelang hari pemilihan.

“Massa di beberapa daerah sebelumnya menyatakan dukungannya untuk PKS, berubah haluan setelah diserbu dengan modus pemberian uang kepada calon pemilih,” ujarnya.

(sumber ANTARA)

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s