DPRD Sumut Akhirnya Punya Ketua Perempuan

Standard

Medan, 15/4- Hj. Darmataksyiah YWR. terpilih menjadi Ketua DPRD Sumatera Utara sisa masa bakti 2004-2009, mengisi posisi yang ditinggal Abdul Aziz Angkat yang tewas dalam aksi unjuk rasa massa pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli pada 3 Februari lalu.

Proses pemilihan berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPRD Sumut dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumut, H. Hasbullah Hadi dan dihadiri Gubernur Sumut H Syamsul Arifin, Wagub H Gatot Pujo Nugroho dan Sekdaprov Sumut, RE Nainggolan di Medan, Rabu.

Dari sebanyak 58 anggota dewan yang hadir secara fisik pada rapat paripurna itu, Darmataksyiah tercatat meraih 33 suara. H Amas Muda Siregar yang semula diunggulkan hanya kebagian 24 suara, sementara satu suara dinyatakan tidak sah.

Terpilihnya Wakil Ketua DPD Partai Golkar itu diluar perkiraan semua pihak termasuk kalangan anggota dewan sendiri.

Darmataksyiah semula digadang-gadang hanya sebagai calon pendamping atau “calon penggembira” untuk Amas Muda Siregar yang Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut. DPD Partai Golkar sendiri disebut-sebut menjagokan Amas Muda Siregar.

Proses pemilihan yang berlangsung pada Rabu itu dilakukan setelah proses pemilihan pada 16 Maret lalu gagal terlaksana karena kehadiran anggota dewan pada rapat paripurna istimewa tidak memenuhi kuorum.

Amas Muda Siregar sendiri akhirnya terpaksa harus mengakui keunggulan kader partainya itu. Kemenangan Darmataksyiah sekaligus mencatatkan sejarah karena untuk pertama kalinya parlemen di Sumut dipimpin seorang perempuan.

Darmatasyiah kepada ANTARA mengaku sangat tidak menduga sebagian besar anggota dewan akan memilih dirinya dan bukan memilih Amas Muda Siregar. Ia bahkan sangat terharu dan sampai meneteskan air mata.

“Saya jelas tidak menyangka bakal terpilih. Ini adalah amanah yang sangat-sangat besar sekaligus berat bagi saya,” kata ketua KPPG Sumut itu.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s