Palestina Peroleh Lebih Sedikit Air daripada Israel

Standard

Jerusalem, 20/4 – Orang Israel memiliki akses empat kali lebih besar ke air daripada orang Palestina di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jalur Gaza, demikian laporan Bank Dunia, Senin.

Kesepakatan perdamaian sementara 1995, yang mengatur pembagian air, katanya, terbukti tak memadai, karena Pemerintah Otonomi Palestina terpecah oleh pertempuran selama delapan tahun terakhir sementara Israel telah meningkatkan instalasi airnya sendiri.

Meningkatkan kondisi bagi orang Palestina menjadi inti bagi strategi perdamaian yang ditaja Amerika Serikat.

Pembicaraan perdamaian yang diluncurkan pada 2007 macet dan pemerintah baru Israel, yang condong ke kanan dan dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, sejauh ini telah menarik diri dari komitmen untuk memulai kembali perundingan tersebut.

Berbagai upaya terhalang oleh perluasan permukiman Israel di Tepi Barat dan perpecahan di kalangan rakyat Palestina sehubungan dengan pengambil-alihan Jalur Gaza oleh Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS).

Seorang pejabat Israel mengatakan, laporan Bank Dunia itu “sangat menyesatkan”. Israel memiliki sektor industri yang jauh lebih maju dibandingkan dengan orang Palestina dan itu dapat menyatakan tidak dengan sebenarnya mengenai penilaian konsumsi air per kepala, kata pejabat tersebut.

“Itu seperti membandingkan apel dengan semangka,” kata pejabat itu.

Bank Dunia mendesak donor internasional untuk tampil dengan suatu mekanisme guna membantu meningkatkan prasarana air Palestina dan memungkinkan perencanaan jangka panjang mengenai pembagian air kendati ada perubahan konflik dengan Israel.

(sumber ANTARA/Reuters)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s