Israel: Krisis Ekonomi Mungkin Akan Kekang Ambisi Nuklir Iran

Standard

Jerusalem, 21/4 – Kepala intelijen militer Israel mengatakan, Senin, bahwa krisis ekonomi dapat mengekang ambisi nuklir musuh utama mereka, Iran.

“Krisis ekonomi yang memburuk, inflasi tinggi, pengangguran meningkat, dan turunnya harga minyak dapat mengerem aspirasi nuklir Iran,” Jenderal Amos Yadlin mengatakan pada satu pertemuan kabinet.

Namun, ia menekanan bahwa tujuan strategis jangka panjang Iran tetap untuk memperoleh senjata nuklir.

Negara Yahudi itu adalah penentang utama program nuklir Iran dan menganggap Teheran musuh utamanya karena permintaan berulang kali oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad agar Israel dihapus dari peta.

PM baru Israel Benjamin Netanyahu telah memperingatkan bahwa ancaman yang diajukan oleh Iran merupakan ancaman bagi eksistensi Israel sejak pembentukan negara itu 41 tahun lalu.

Israel sendiri secara luas dianggap merupakan satu-satunya kekuatan bersenjata nuklir, tapi negara itu tidak pernah memastikan atau membantah ememeliki arsenal nuklir serta menolak untuk mengajukan pemeriksaan internasional.

Sebuah suratkabar Inggris mengatakan Sabtu bahwa militer Israel telah bersiap untuk melucurkan serangan udara besar di tempat nuklir Iran jika diperintahkan oleh pemerintah baru itu.

Iran adalah produsen minyak terbeser kedua dan telah terpukul oleh jatuhnya harga minyak, yang sekarang ini sekitar 50 dolar satu barel dibanding dengan pada puncaknya Juli tahun lalu sebsar 147 dolar.

(sumber ANTARA/AFP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s