Swiss Cela Reaksi Berlebihan Israel Terhadap Pembicaraan dengan Iran

Standard

Jenewa, 22/4 – Departemen Luar Negeri Swiss telah memanggil utusan Israel di Bern sebagai reaksi atas kecaman yang berlebihan para pejabat Israel terhadap pertemuan presiden Swiss-Iran, demikian laporan jaringan berita resmi Swissinfo Selasa.

Tindakan tersebut dilakukan menyusul keputusan Israel pada Senin guna memanggil duta besarnya di Bern untuk “berkonsultasi” menyusul pertemuan kepala negara Swiss dan Iran sebelum konferensi anti-rasisme PBB di Jenewa.

Departemen Luar Negeri Swiss mengatakan dalam satu pernyataan bahwa kementerian itu “mencela bahasa yang berlebihan yang digunakan dalam konteks ini oleh wakil Israel”.

Departemen tersebut menyatakan pemerintah Israel telah diberi tahu sebelumnya mengenai pertemuan antara Presiden Swiss Hans-Rudolf Merz dan timpalannya dari Iran Mahmoud Ahmadinejad. Oleh karena itu, kementerian tersebut terkejut dengan reaksi “dahsyat” dari para pejabat Israel.

Kedua kepala negara itu bertemu Ahad malam guna membahas hubungan bilateral, sebelum pembukaan UN Durban Review Conference di kota di Swiss barat, tempat Ahmadinejad berpidato pada Senin.

Sementara itu di ibukota Iran, Teheran, seorang anggota Majlis Iran, Selasa, memuji pidato Ahmadinejad di konferensi anti-rasisme yang ditaja PBB di Jenewa.

“Liputan langsung pidato Ahmadinejad dalam konferensi Durban II oleh media dunia Senin termasuk prestasi sangat besar Republik Islam Iran dalam memperlihatkan sikap anti-rasisme,” kata Wakil II Ketua Majlis Mohammad Reza Bahonar.

Ia menambahkan, “Reaksi marah rezim Zionis terhadap pernyataan Ahmadinejad adalah bukti nyata mengenai fakta ini”.

Bahonar menilai sebagai “tak diplomatis” tindakan oleh duta besar negara Eropa yang meninggalkan ruang konferensi.

Ia mengatakan, “Tindakan ini tidak penting. Malah, yang penting ialah ratusan pejabat tetap berada di ruang konferensi dan mendengarkan pidato Presiden(Iran Ahmadinejad, red) .”

(sumber ANTARA/Xinhua/IRNA-OANA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s