Kantor Berita Antara Berikan Penghargaan Untuk Perempuan

Standard

Jakarta, 24/4 – Kantor Berita ANTARA bekerja sama dengan The Plaza Semanggi, di Jakarta, Jumat malam, memberikan penghargaan pada 10 perempuan yang selama ini dinilai mampu dan konsisten dalam menginspirasi perempuan di Indonesia.

“A Tribute to Women” mempersembahkan penghargaan pada Catharina Wiriadinata Leimena (Penyanyi Seriosa dan Pelatih Vokal), Cut Mini Theo (Pemain Film, Sinetron dan Presenter), Dewi Lestari (Penulis dan Penyanyi), Gita Gutawa (Penyanyi), Lenny Agustin (Perancang Busana), Maria Kristin (Atlit Bulutangkis), Mouly Surya (Sutradara), Prof Dr Siti Musdah Mulia (Pemikir Islam dan Aktivis Sosial), Siti Aminah (Bidan), Veronica Colondam (Pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa).

Penghargaan yang diberikan dalam rangka memperingai Hari Kartini itu akan dibuka oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta. Pemberian penghargaan akan dirangkai dengan pameran foto bertajuk “Perempuan Tangguh”.

Acara puncak dimeriahkan pembacaan puisi oleh Lola Amaria, dan “performance” oleh Vina Panduwinata.

Berkaitan dengan penghargaan tersebut, sebelumnya dibentuk tim juri untuk menentukan perempuan yang berhak mendapatkan penghargaan. Mereka kemudian diabadikan lewat foto. Foto-foto tersebut yang dipamerkan kepada publik.

Foto-foto itu bukan sembarang foto biasa. Sebanyak 10 fotografer perempuan dari sejumlah media massa dipilih untuk mengabadikan keseharian para peraih penghargaan itu, khususnya kegiatan sehari-hari yang mungkin luput dari perhatian orang.

Para fotografer tersebut adalah Dewi (Majalah Paras), Lasti (Kompas), Jane (Femina), Melly (Media Indonesia), Nurhayati (Republika), Malahayati (Gatra), Novi(Tempo). Christina Phan (Dama), Citra (AMICA), dan juga Wienda (Jurnal Nasional).

“A Tribute to Women” merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Kantor Berita ANTARA sejak 2007. Pada tahun pertama, Fotografer Dian K Wijayanti menampilkan pameran bertajuk “9Months”, yang menampilkan 20 perempuan hamil dari berbagai profesi. Ini dilakukan selaras dengan kampanye “Stop Aborsi!”.

Tahun lalu, sepuluh perempuan super diabadikan dalam pameran bertajuk “SuperMom”. Para perempuan itu difoto dari lensa fotografer laki-laki yang bekerja pada media perempuan. Hasilnya adalah sudut pandang kekaguman pria terhadap peran wanita.

Untuk tahun ini, dewan juri memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan tangguh. Pameran bertajuk “Perempuan Tangguh” itu merupakan hasil karya fotografer perempuan yang bekerja di berbagai media.

(sumber ANTARA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s