Ahmadinejad: Rakyat Palestina Harus Diberi Izin Tentukan Nasib Sendiri

Standard

Jakarta, 1/5 – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam wawancara khususnya dengan stasiun televisi ABC baru-baru ini telah menyatakan bahwa rakyat Palestina harus diberi izin untuk dapat menentukan nasib mereka sendiri.

Rakyat Palestina seharusnya menuntut permintaannya itu kepada masyarakat internasional dan bukan negara Barat memaksakan keinginan mereka kepada rakyat Palestina, kata Ahmadinejad seperti dikutip siaran pers Kedutaan Besar Iran di Jakarta, Jumat.

Presiden Ahmadinejad dalam wawancara itu secara tegas mengharapkan kehormatan bagi pandangan rakyat Palestina.

Sebagai jawaban atas pertanyaan apakah pandangan Iran tentang kesepakatan rakyat Palestina tentang nasib mereka, ia mengatakan, “Kami tidak mempunyai masalah tentang keputusan rakyat Palestina dan apa saja yang mereka putuskan, kami akan dukung, rakyat Palestina harus diberi izin untuk mengambil keputusan secara bebas dan tidak boleh ada pihak yang mencampuri keputusan mereka, karena kami percaya bahwa mengambil keputusan merupakan hak seluruh manusia.”

Ia menambahkan bahwa terkait dengan hal tersebut, tidak boleh ada pihak menentukan arah setiap tindakan terlebih dahulu dan “mari kita memberikan izin kepada rakyat Palestina untuk memilih”.

Selain itu para pejabat Republik Islam Iran berulang-kali telah menyatakan bahwa pembentukan negara Palestina yang mandiri hanya dapat tercapai melalui penyelenggaraan referendum yang demokratis dan bebas yang dapat diikuti oleh seluruh rakyat Palestina di dalam dan luar negeri.

Pada referendum itu pun seluruh masyarakat Muslim, Yahudi dan Kristen Palestina harus berpartisipasi dan hasil dari referendum tersebut akan diakui oleh seluruh negara di dunia, demikian siaran pers itu.

(sumber ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s