Presiden Bashar Minta AS Bicara dengan Hamas, Hizbullah

Standard

Paris, 4/5 – Presiden Suriah Bashar al-Assad meminta AS, Ahad, mengulurkan tangan kepada kelompok garis keras HAMAS dan Hizbullah sebagai bagian dari pencarian akan perdamaian Timur Tengah, dalam wawancara dengan televisi Prancis.

Ketika berbicara pada Prancis, Bashar menyambut baik apa yang ia katakan sebagai keinginan baru di Washington untuk mendengarkan pendapat Suriah sejak Presiden Barack Obama berkuasa, dan mengatakan Damaskus siap untuk membantu memerantarai kontak dengan kelompok-kelompok itu.

AS menganggap Hizbullah di Lebanon dan kelompok Palestina HAMAS sebagai gerakan teroris, dan tidak mengakui mereka, sikap yang dikatakan Bashar bertolak-belakang jika Washington ingin mengusahakan perdamian regional.

“Saya pikir masalah itu ada pada pemerintah sebelumnya,” kata Bashar, yang mengeritik bekas presiden AS George W. Bush dan menyambut baik keputusan Obama untuk mengirim utusan guna membuka pembicaraan percobaan dengan Suriah.

“Saya pikir jika anda ingin memecahkan masalah, anda tidak dapat mengatakan, ‘Ini baik dan ini buruk, ini kejahatan dan ini demokratis, ini hak asasi manusia dan ini bukan politik’,” katanya.

“Politik adalah ketika anda menghadapi realitas. Ketika anda menghadapi pihak-pihak yang berpengaruh untuk mempengaruhi dengan cara yang positif atau negatif,” katanya. Ia meminta AS untuk berbicara dengan Iran dan kelompok garis keras lain.

“HAMAS memiliki pengaruh dan anda tidak dapat mengabaikan mereka. Anda tidak dapat mencapai perdamaian sementara HAMAS berada di luar perdamaian atau menentang perdamaian,” katanya. Ditambahkannya bahwa hal yang sama pantas untuk Hizbullah.

Bashar menyerukan pembicaraan “langsung atau tidak langsung” antara Washington dan HAMAS dan menambahkan, “Ketika mereka ingin mendapat bantuan dengan pihak-pihak itu, hubungan langsung atau tidak langsung dengan Suriah, dan mungkin langsung, kami siap untuk membantu.”

Pekan lalu, Menlu AS Hillary Clinton mengatakan ia telah mengirim dua diplomat ke Suriah, tapi Washington masih berhati-hati dalam hubungannya dengan pemerintah yang memiliki hubungan dekat dengan Iran dan kelompok-kelompok garis keras bersenjata.

(sumber ANTARA/AFP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s