Yudhoyono Akan Beri Penjelasan Langsung Kepada PKS

Standard

Manado, 15/5 – Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan memberikan penjelasan langsung kepada jajaran pimpinan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai pemilihan Boediono sebagai cawapres yang akan diusung Partai Demokrat dan mitra koalisinya.

“Tampaknya teman-teman PKS menginginkan adanya penjelasan lebih lanjut dan langsung dari Pak Yudhoyono. Dan mudah-mudahan nanti akan bertemu, sehingga mendapatkan penjelasan lebih lanjut,” kata Ketua Departemen SDM Partai Demokrat Andi Malarangeng di Manado, Jumat.

Andi tidak menjelaskan kapan pertemuan akan dilakukan. Namun diperkirakan pertemuan akan dilakukan di Jakarta setelah Presiden Yudhoyono kembali dari Manado siang ini dan sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bandung untuk pendeklarasian capres dan cawapres dari Partai Demokrat.

Dijelaskan Andi, Kamis malam (14/5) kemarin sudah dilakukan pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Hadi utomo, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan Mensesneg Hatta Rajasa yang merupakan utusan khusus Yudhoyono dengan pimpinan PKS.

“Kalau memang memerlukan penjelasan lebih lanjut dalam konteks langsung dari Yudhoyono itu juga bisa dilakukan. Kita harap bahwa dengan penjelasan itu persoalannya bisa selesai, bisa diterima. Dan kita bisa sama-sama melakukan deklarasi di Bandung,” katanya.

Menurut Andi, sebenarnya penjelasan mengenai alasan pemilihan Boediono sebaga cawapres dari Partai Demokrat sudah disampaikan Partai Demokrat kepada jajaran pimpinan PKS melalui telepon karena Yudhoyono memang belum sempat mengagendakan pertemuan langsung karena kesibukannya sebagai presiden.

Dikatakan Andi, Partai Demokrat juga sudah mengirimkan undangan resmi bagi pimpinan PKS untuk menghadiri acara deklarasi capres dan cawapres Partai Demokrat yang akan dilakukan di Bandung Jumat malam ini.

Sebelumnya, PKS yang bakal menjadi mitra koaliasi Partai Demokrat bersama PPP, PAN dan PKB bereaksi paling keras mengetahui bahwa Yudhoyono memilih Gubernur Bank Indonesia Boediono sebagai cawapresnya.

PKS menganggap penunjukkan Boediono sama sekali tidak dikomunikasikan dengan partainya dan merasa bahwa pilihan atas Boediono tidak cocok dengan keinginan PKS yang mengharapkan cawapres berasal dari parpol Islam dan bisa memenuhi keinginan umat.

Sementara parpol mitra koalisi lain, menurut Andi sudah bisa memahami alasan penetapan Boediono sebagai cawapres.

“Parpol lain termasuk PPP juga sudah kami bisa beri penjelasan dan bisa menerima penjelasan itu, dan bisa mendukung,” katanya.

Sedangkan mengenai rencana koalisi dengan PDIP, Andi mengatakan belum ada keputusan yang jelas karena sampai sekarang masih terus dilakukan komunikasi antara kedua partai.

(sumber ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s