Netanyahu Dengarkan Seruan Kongres Agar Permukiman Dihentikan

Standard

WASHINGTON, 20/5 – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendengarkan seruan-seruan agar pembangunan permukiman Yahudi dihentikan sebagai langkah perlu ke arah perdamaian di Timur Tengah dalam kunjungan ke Kongres Amerika Serikat pada Selasa.

Netanyahu bertemu dengan para anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat yang diketuai John Kerry yang mengatakan ia telah menyampaikan secara langsung isu pembangunan permukiman dengan perdana menteri itu.

“Saya menekankan lagi kepada perdana menteri tentang pentingnya Israel bergerak maju khususnya soal isu permukiman,” kata Kerry kepada wartawan setelah pertemuan tersebut.

“Kami juga menekankan bahwa ini bukan satu jalan dan beban tidak hanya pada Israel untuk mengambil semua langkah,” ujarnya.

Menurut dia, adalah vital bahwa dunia Arab juga “mengambil langkah-langkah untuk mengindikasikan keinginannya memberi sumbangan bagi kemajuan di atas jalan menuju perdamaian.”

Netanyahu, yang keluar dari tempat pertemuan bersama Kerry, mengatakan Israel akan mengusahakan perdamaian dengan pihak Palestina secara independen sama halnya dengan apa yang terjadi di Iran, yang AS dan Israel sama-sama khawatirkan sedang mengembangkan kemampuan senjata nuklir.

“Israel dan banyak negara Arab tetangganya punya keadaan sejarah unik dan memahami acaman dari Iran yang mengembangkan kapabilitas senjata nuklir,” kata Netanyahu.

“Kami ingin berbuat untuk mencapai perdamaian secara independen seperti apa yang terjadi di Iran, tapi faktanya hal itu hendaknya dilakukan secara paralel,” ujarnya.

Netanyahu bertemu Presiden AS Barack Obama pada Senin yang mengupayakan pendekatan diplomatik menghadapi Iran dan juga mengatakan Israel harus menghentikkan pembangunan permukiman di Tepi Barat.

(sumber ANTARA/AFP)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s