sc_01; Ta’aruf

Standard
  1. Assalamu’alaikum. Teman², udah pada sholat ‘Isya kan? Bagi yang belum sholat Isya ayo disegerakan yah! 🙂
  2. Teman², adakah yang sedang ta’aruf saat ini? ^^ kali ini saya akan share tentang #Taaruf. Mau simak? Yuk! Bismillah.
  3. #Taaruf berasal dari Bahasa Arab, bermakna “saling mengenal“, bisa berkenalan dengan siapapun, lelaki maupun perempuan.
  4. Makna #Taaruf lebih spesifik ketika ditujukan untuk siapa saja yang mencari jodoh, tanpa melalui proses pacaran.
  5. Tujuan #Taaruf sebagai wadah berkenalan & mengetahui lebih dalam tentang calon suami/istri yang akan menikah (pra khitbah).
  6. Mengenal lebih dalam? Eits, jangan berpikir jauh² dulu. Dalam #Taaruf gak ada kontak fisik lho, jadi jangan disamain dengan pacaran yah.
  7. Bedanya #Taaruf dengan pacaran apa? Wow, beda sekali. Antara bumi dan langit deh hehehe.
  8. Di Mata Allah, pacaran adalah salah satu perbuatan yang mendekati zina. Kenapa? Karena didalam pacaran bentuk zina bisa ditemukan. *kalem
  9. Zina apa aja? Zina hati, zina mata, zina tangan, zina kaki, zina mulut & zina terbesar yaitu zina farji. Naudzubillahi min dzalik.
  10. Yuk Qur’an-nya dibuka, “Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji & suatu jalan yang buruk” *Al-isra’:32
  11. Sekedar mengingatkan/info bagi yang belum tahu, bahwa zina adalah salah 1 dari 7 dosa besar didalam Islam.
  12. Bagaimana dengan #Taaruf? Ta’aruf justru disyariatkan dalam Islam, sebelum dimulainya hubungan bernama pernikahan. *tsaah
  13. Tujuan #Taaruf sudah jelas untuk menikah, nah kalo tujuan pacaran? Macam² yah motifnya.
  14. Coba deh tanyain ke teman² yang punya pacar, apakah benar tujuan pacaran untuk menikah? *kalem
  15. #Taaruf punya jangka waktu 3 bulan, kalaupun lebih biasanya bukan ta’aruf lagi, tapi sedang mempersiapkan pernikahan.
  16. Nah kalo pacaran gimana? Gak ada yang tau kan kapan masa pacaran itu berlangsung? Ada yang mingguan, bulanan bahkan tahunan. (-.-“)
  17. Jadi kalo jangka waktu #Taaruf lebih dari 3 bulan & gak ada perkembangan menuju pernikahan itu berarti bukan ta’aruf tapi lagi pacaran.
  18. Orang yang berani #Taaruf mentalnya sudah lebih siap untuk menikah. Jadi gak ada unsur main² lagi, karena tujuan ta’aruf jelas untuk menikah.
  19. Beda dengan pacaran, belum tentu mental mereka sudah siap menikah, karena toh tujuan pacaran tidak selalu untuk menikah.
  20. Ssst, katanya pacaran setelah menikah lebih asyik lho. Karena apa? Karena sudah halal. *aih
  21. Dear, semakin lama berhubungan dengan lawan jenis maka akan semakin mengotori hatimu.
  22. Hubungan yang terlalu lama juga akan mengeratkan hatimu. Padahal berpacaran belum tentu menikah kan?
  23. Beda sama #Taaruf yang jangka waktunya sebentar, gak akan terlalu mempengaruhi hati. Kalo ta’aruf berhenti ditengah jalan gak nangis bombay.
  24. Karena hasil #Taaruf benar² murni keputusan Allah dari hasil istikharah. Keep positive thinking! ^^
  25. Oiya, #Taaruf juga membutuhkan perantara. Kenapa? Salah satunya karena rentan terhadap “kebersihan hati”. Jaga hatinya untuk yang halal ya! ^^
  26. Siapa aja sih perantara #Taaruf? Bisa Orangtua, keluarga dekat, teman, atau guru ngaji (Murabbi/Murabbiyah)
  27. Sekarang udah jelas kan apa itu #Taaruf? ^^ lanjut yuk! Mekanisme ta’aruf jika Guru ngaji menjadi mediator/perantara.
  28. Pertama, saling tukar CV/biodata + foto. Foto gak jadi jaminan wajah asli lho, bisa jadi wajah asli lebih baik dari foto, atau sebaliknya.
  29. Nah, CV itu jadi gambaran awal calon suami/istri kita. Dianjurkan untuk istikharah sebelum memutuskan untuk melanjutkan proses #Taaruf.
  30. Diberi jangka waktu juga yah untuk memutuskan, apakah proses #Taaruf dilanjutkan atau berhenti sampai disitu. 🙂
  31. Selanjutnya pertemuan antara si lelaki & perempuan. Pastinya ditemani oleh guru ngaji masing².
  32. Nah, pada moment itu kamu akan melihat wajah asli si calon. Manfaatkan waktu tersebu sebaik-baiknya untuk menanyakan hal² yang dianggap penting.
  33. Setelah pertemuan pertama, kamu akan semakin tau kecenderungan hatimu. Ingatlah, selalu libatkan Allah dalam mengambil keputusan.
  34. Jika #Taaruf diteruskan, selanjutnya silaturrahim ke keluarga si wanita. Biasanya kedua keluarga udah ngebahas rencana pernikahan.
  35. Sebelum kedua keluarga bertemu, hendaknya masing² calon sudah menceritakan tentang proses #Taaruf ini kepada keluarga.
  36. Next, meng-khitbah atau meminang atau melamar. Usai pinangan, calon istri dilarang menerima pinangan dari lelaki lain.
  37. Oiya, meskipun sudah di-khitbah, syariat tetap melarang calon suami & istri melakukan hal² yang tidak diperkenankan karena bukan mahrom.
  38. Masih ingat tentang saling tukar CV? Kamu juga boleh menuliskan kriteria² calon pasanganmu.
  39. Kalau berniat menikah untuk ibadah mungkin tidak perlu membuat kriteria, yang penting si calon baik dalam agama & akhlaqnya.
  40. Tapi gak semua orang gitu juga sih, karena kita punya kecenderungan manusiawi, maka ada deh beberapa kriteria calon pasangan hidup. *aih
  41. Pernah dengar kriteria berdasarkan sabda Rasulullah Muhammad tercinta? Saya repost ya, sekedar mengingatkan. ^^
  42. “Wanita dipilih karena 4 hal: kecantikan, keturunan, kekayaan & agamanya. Carilah wanita karena agamanya, niscaya kamu akan bahagia.”
  43. Hadits tadi ditujukan untuk laki², tapi bisa juga sebagai acuan untuk kaum wanita. Semua pasti mau kan berpasangan dengan seseorang yang TOP agamanya?^^
  44. Yuk perbaiki diri terus, luruskan niat untuk menggapai Ridho ALLAH. Fastabiqul khairat! Yang lagi #Taaruf semoga dilancarkan yah. ^^
  45. Insya Allah, Kapan² disambung lagi dengan bahasan tentang akad nikah, mahar, walimah, dll. Keep Istiqomah! Wassalam. ^^

KulTwit dari Mbak @dinizaenal25

,,Saya lebih memilih menjadi ibu dan istri yang sukses dibandingkan menjadi wanita karir yang sukses. Menuntut ilmu terus, perbaiki diri terus. #AllahuAkbar!”

(by Dini Zaenal)

Ngaji

Ngaji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s