ANTARA (Lembaga Kantor Berita Nasional) tribute to Adam Malik

Saya udah lama berniat untuk membuat sebuah halaman khusus yang bertemakan tentang Antara. Maksud dari niat ini adalah sebagai ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dibalik suksesnya Antara sebagai Lembaga Kantor Berita Nasional.

Selain itu juga karena di kantor saya dipasang fasilitas satelit untuk menangkap sinyal langsung dari Antara. Jikalau sahabat perhatikan, sebagian besar dari postingan saya kan bersumber dari Antara. Hal ini bisa saya update dengan sangat cepat menggunakan fasilitas satelit tadi.

Sekali lagi terima kasih buat awak dibalik layer Antara, baik itu wartawan, kameramen dan semuanya lah. Yang nggak kalah penting adalah para staf pengajar dari pelatihan jurnalistik yang disediakan oleh Antara.

Sahabat! Mau tau profil tentang Antara? Kunjungi aja antara.co.id atawa lanjuti aja ngebaca postingan ini ya. Insya Allah ada manfaatnya. Sekiranya pingin menjadi tenaga jurnalis, Antara patut dijadikan inspirasi dalam kehidupan kita.

Baiklah berikut ini profil tentang Antara yang saya himpun dari website resmi beliau:

Beliau ini (baca: Antara) didirikan tepatnya pada tanggal 13 Desember 1973 oleh wartawan-wartawan senior Indonesia. Yakni mereka-mereka yang sudah sangat mumpuni di bidang jurnalistik dan merupakan pengembang terdepan jagad jurnalistik di ibu pertiwi kita. Siapa saja kah para pengusung LKBN antara waktu itu? Diantaranya ada wartawan senior kelahiran Pematang Siantar bermarga Batubara, yakni H. Adam Malik. Dalam dunia jurnalistik beliau udah nggak diragukan lagi. Selain itu beliau juga pernah menjadi Menteri Luar Negeri dan Wakil Presiden.

Selain H. Adam Malik, ada lagi tokoh lain sebagai pendiri beliau ini (baca: Antara) yaitu Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawijaya. Dimana tokoh-tokoh lain ini juga merupakan wartawan perintis jurnalistik di Indonesia. Beliau ini (baca: Antara) telah banyak sekali berjasa dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat terutama ke media-media di daerah. Bisa dikatakan sebagian besar berita di mancanegara dan juga berita daerah dari daerah lain bersumber dari beliau ini (baca: Antara).

Yang tidak kalah heroik dari perjalanan beliau ini (baca: Antara) yaitu dalam rangka menyebarkan berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke seantero dunia. Hal ini juga merupakan salah satu wujud kecintaan para wartawan dahulu terhadap ibu pertiwi dimana saat itu penyebaran media masih sangat terbatas tidak seperti sekarang ini. Saat itu perjuangan untuk menyebarkan informasi sangat berat dan profesi jurnalistik termasuk yang kurang diminati.

Saat ini jaringan berita beliau ini (baca: Antara) sudah sangat luas. Jangan heran jikalau saya bisa mengupdate konten dari blog saya ini dengan sangat cepat dan akurat. Ada satelit gitu loeh.

Beliau ini (baca: Antara) telah memiliki biro di setiap provinsi di Indonesia dan juga perwakilan di hampir seluruh kotamadya/kabupatennya. Jadi wartawan yang bekerja di lapangan sangat banyak sekali. Gimana menggajinya ya..? he..he.. Itu bukan urusan kamu. Itu untuk berita nasional. Bagaimana untuk berita internasional, kan updatenya juga cepat tuh?

Untuk berita yang jangkauannya internasional, tentu beliau ini (baca: Antara) menjalin kerjasama dengan kantor berita resmi dari negara setempat. Kerjasama ini terjalin secara komersil maupun non-komersil. Ada banyak kantor berita dunia yang bekerjasama dengan beliau ini (baca: Antara) yang sentiasa menyajikan berita yang akurat, tajam, terpercaya (loeh itu jargon media lain). Antara lain AAP (Australian Associated Press, Australia), Reuters (Inggris), AFP (Agence France-Presse, Perancis), DPA (Deutsche Presse-Agenteur, Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (China), CIC (Kolombia), NAMPA (Namibia Press Agency, Namibia) serta yang lainnya.

Ada banyak media komunikasi dalam menyebarkan berita yang digunakan oleh beliau ini (baca: Antara). Seperti juga yang terpasang saat ini di kantor saya yakni satelit reciever VSAT dan DVB. Kepanjangannya Very Small Aperture Terminal Digital Video Broadcasting. Selain menggunakan media satelit, juga memanfaatkan media internet dengan menggunakan portal website yang beralamat di antara.co.id, email dan ftp (file transfer protocol).

Alamat kantor pusat beliau ini (baca: Antara) berada di Wisma ANTARA Lantai 18, 19, 20 Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17, Jakarta 10110.

Nah sekarang ini mau tau nggak apa sich visi misi beliau ini (baca: Antara) didirikan?

VISI

Menjadi Kantor Berita berkelas dunia dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan

1. Menjalankan peran Kantor Berita Nasional melalui penyebarluasan informasi bagi masyarakat

2. Menjalankan bisnis Kantor Berita dan kegiatan penunjangnya denganprinsip organisasi yang berorientasi pasar (market – drive organization).

3. Berperan proaktif dalam mewujudkan masyarakat berpengahuan.

MISI

Menyebarluaskan informasi tentang Indonesia ke dalam dan ke luar negeri dengan menyediakan infomormasi secara cepat, akurat, penting.

VALUES

1. Integrity 2. Competence 3. Team work 4. Respect to nation

Keren kan, Sahabat? Kita doakan ya supaya LKBN Antara bisa terus eksis hingga nanti dan para awaknya tetap semangat untuk mengumpulkan berita serta menyebarkan informasi.

Selamat Hari Pers 09 Pebruari kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s